Langsung ke konten utama

Perubahan Iklim Persulit Pembangunan Indonesia

Jakarta, Greenpress,-Perubahan iklim yang terjadi dari akibat pemanasan global dianggap membuat pembangunan makin terasa sulit। Demikian benang merah diskusi mengenai “Perubahan Iklim dan Konsekuensinya”yang diselenggarakan Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia atau Society of Indonesian Environment Journalist (SIEJ) bekerjasama World Wildlife Fund (WWF) di Jakarta, Rabu (26/9)

“Dampak dari perubahan iklim jelas akan membuat makin sulitnya kehidupan manusia”ujar Armi Susandi, ahli geoglogi dan meteorology dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB) saat tampil sebagai narasumber dalam diskusi media yang diadakan oleh SIEJ dan WWF di Flo Laouge Café, Komp Mega Kuningan Jakarta kemarin. Maka menurutnya tak ada jalan lain bagi manusia, selain memperbaiki keadaan saat ini, bila tak ingin terkena dampak lebih jauh dari fenomena ini.

Sementara Eka Melissa Asisten Presiden UNFCCC COP-13/CMP-3 (Panitia Nasional Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim) menyatakan perlunya upaya adaptasi secara menyeluruh dari berbagai lapisan masyarakat untuk menghadapi isyu ini.”Tanpa pola adaptasi yang jelas, maka dampak dari perubahan iklim makin akan mempersulit pola pembangunan Indonesia,”ujar aktifis WWF ini.

Pola adaptasi yang dimaksud Eka merupakan upaya-upaya manusia untuk menghadapi berbagai dampak dari perubahan iklim. Seperti kesiagaan menghadapi banjir yang makin membesar, serta kemampuan berbagai sektor untuk menghadapi keadaan laut yang makin meninggi dan penyakit yang makin banyak.

Perubahan iklim sendiri kini terus diakui oleh berbagai kalangan. Dalam hasil diskusi panel para ilmuwan dunia (IPCC) yang terakhir menyatakan kalau penyebabnya perubahan iklim ini merupakan manusia sendiri, hingga tak ada jalan keluar lain untuk menguranginya selain juga yang merubahnya. (Marwan Azis)

Komentar

RIsMa SMKDA mengatakan…
Wah... sip ni buat tugas... numpang "CoPas" ya ....


Aku tunggu kunjungan balik sobat di "Post. Orang yang Marah Bila Ditimpa Musibah"

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Kenapa Masih Menjadi Aktivis dan Kenapa Masih Bekerja di NGO

Oleh : Jack Rimbawan

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya untuk sukses dalam bekerja di mana kategori sukses menurut orangtua adalah menjadi PNS atau pegawai kantoran. Bahkan, yang bapaknya tentara pasti ingin putranya jadi penerus untuk jadi tentara. Namun pernahkah ada orangtua yang menyarankan anak atau menantunya untuk bekerja menjadi aktivis, atau menjadi sang demonstran?

Kata aktivis dalam penyerapan Bahasa Indonesia adalah seorang yang aktif dalam berkegiatan atau orang yang dalam kehidupannya total memperjuangkan tujuan atau cita-citanya.

Sejarah Pergerakan Bangsa dan Aktivitas

Bila kita masih dapat mengingat pelajaran sejarah dari zaman masih duduk di bangku sekolah sampai kuliah, maka kita tak bisa pungkiri bahwa kemerdekaan bangsa ini karena adanya aktivis-aktivis yang lahir dari para pemuda Bangsa Indoneisa. Di jaman sebelum kemerdekaan atau tepatnya jaman era kebangkitan bangsa para pemuda di Indonesia menyatakan satu visi, satu ideologi dalam sebuah kesamaan, yaitu sam…