Langsung ke konten utama

Es Greenland Mencair Dua Kali Luas AS


New York, GhaboNews - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) terus memantau salju di Greenland dengan menggunakan citra satelit. Mereka membandingkan rata-rata salju yang mencair sejak 1988.

Berdasarkan data citra satelit, ditemukan bahwa es yang mencair di wilayah itu pada 2007, luasnya sebanding dengan dua kali luas Amerika Serikat (AS). Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, laju pencairan es di Greenland naik 150 persen.

"Luasnya es yang mencair ini akan berdampak terhadap anggaran energi Bumi yang mengubah besaran radiasi dari sinar matahari. Berapa yang akan diserap dan berapa yang akan dipantulkan kembali ke atmosfer," kata Ketua Peneliti NASA, Marco Tedesco.

Marco menjelaskan, mencairnya es tidak bisa ditangani dengan membekukannya kembali. Sebab pembekuan ulang membutuhkan begitu banyak energi yang ke depannya justru memperbanyak es yang mencair.

Selain berpengaruh langsung terhadap kenaikan air muka laut, pencairan es terutama yang dikawasan pesisir laut juga bisa mempercepat mencairnya sungai es gletser. Sebab air dari es yang mencair berperan sebagai perekat antara permukaan yang beku dengan batuan dasar jauh di bawah permukaan. "Semakin cepat arus air di sungai es gletser, semakin banyak air yang masuk ke laut dan berdampak kepada kenaikan air muka laut," ungkap Marco.(Sumber :www.ghabo.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…