Langsung ke konten utama

GP-KONSEP JUJUR Akan Gelar Pelatihan Pemantau Pilkada Sulsel

RIC-Makassar,-Menjelang Kampanye para kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan yakni pada pertengahan Oktober 2007. Berbagai kegiatanpun digelar oleh sejumlah pihak untuk mensukseskan ajang pesta demokrasi itu.

Koalisi NGO Sulsel Untuk Pilkada Yang Jujur ( KONSEP JUJUR) bekerjasama dengan GREEN PRESS perwakilan Sulawesi Selatan mengadakan pelatihan kepada Pemantau PILKADA Sulsel yang direncanakan akan diikuti sekitar 300 0rang pemantau yang sukarela dikoordinir oleh Koalisi LSM di Sulsel ini, dengan tujuan dalam melakukan pelaksanaan kampanye bagi tiga calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel ini tidak merusak lingkungan selama pelaksanaan kampanye berlangsung.

Koordinator KONSEP JUJUR, Rizal Noma mengatakan bahwa dengan diturunkan relawan pemantau untuk meminimalisasi kegiatan kampanye setiap calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel yang sifatnya dapat merusak lingkungan seperti menebang pohon, mematahkan ranting-ranting pohon, dan membuang sampah pada lokasi kampanye, diadakan pelatihan kepada para Relawan Pemantau yang mendapat materi dari GREEN PRESS Sulsel yang merupakan kumpulan beberapa jurnalis lingkungan, sehingga sebelum turun kelapangan memantau pelaksanaan kampanye telah memahami aturan dan pentingnya dalam menjaga kelestarian lingkungan, katanya.

" Jadi Semua Kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel melaksanakan kampanye, tanpa merusak habitat alam disekitarnya, dan ini sangat perlu dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan hidup kita, " jelas Rizal Noma yang juga Ketua LSM Lemkira Sulsel.

Rizal Noma menambahkan sejumlah Relawan Pemantau ini sifat sukarela tanpa mengharapkan imbalan, semata-mata ingin bekerja pada koalisi ini untuk menciptakan kampanye yang damai tanpa harus merusak kelestarian lingkungan, pelatihan yang berlangsung dua hari di Kantor LSM DPP Lemkira Sulsel Makassar, dan nantinya pada pelaksanaan kampanye akan disebarkan diseluruh wilayah provinsi Sulawesi Selatan. (Andi Ahmad Effendy www.alamsulawesi.net)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.