.

.
.

Manusia Memang Penghasil Sampah


JAKARTA,Dalam segala kegiatannya, manusia hampir selalu menghasilkan sampah. Ini menjadi pemicu meningkatnya jumlah emisi gas rumah kaca (GRK).

Sampah mempunyai kontribusi besar untuk emisi GRK yaitu gas metan (CH4). Diperkirakan 1 ton sampah padat menghasilkan 50 kilogram gas metana. Sementara, kontribusi emisi GRK dari sektor kehutanan dan energi juga besar.

Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat, diperkirakan pada 2020 sampah yang dihasilkan per hari sekitar 500 juta kilogram per hari atau 190 ribu ton per tahun. Ini berarti pada tahun tersebut Indonesia akan mengemisikan gas metana ke atmosfer sebesar 9500 ton.

Data Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengatakan pada 1995 rata-rata orang di perkotaan di Indonesia menghasilkan sampah 0,8 kg per hari. JUmlah ini terus meningkat hingga 1 kg per orang per hari pada 2000. Diperkirakan timbunan sampah pada 2020 untuk tiap orang per hari adalah sebesar 2,1 kg.

Masih menurut KLH, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah adalah sumber antropogenik metan dan memberikan kontribusi secara global sebesar 20-60 kilogram metan per tahun.

Sementara itu, jumlah metan yang diemisikan oleh negara maju dan negara berkembang berbeda. Secara global kira-kira 66 persen emisi metan dari TPA berasal dari negara-negara maju, 15 persen dari negara-negara transisi secara ekonomi, dan 20 persen dari negara-negara berkembang.(Kompas)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: