.

.
.

Membangun Indonesia Baru Lewat Blog


Blog dapat membangun generasi baru Indonesia yang punya karakter suka berbagi, bertanggung jawab, sportif, dan terbuka. Kultur para blogger memungkin hal itu terwujud. Demikian antara lain harapan yang muncul dalam Pesta Blogge 2007 yang digelar di Jakarta, Sabtu, pekan lalu.

Chairman Pesta Blogger 2007 Enda Nasution dan blogger Budi Putra mengatakan, pengguna blog atau blogger di Indonesia datang dari latar belakang yang beragam namun punya sejumlah kesamaan, antara lain sadar teknologi, punya kemauan belajar, suka berpendapat, berbagi, dan mengeritik.

"Blogger di Indoensia begitu beragam, laki dan perempuan, umunya orang muda tetapi ada yang masih duduk di bangku SMP serta ada pula yang sudah tua seperti Profesor Iwan (Darmansjah, seorang pakar farmakologi yang sudah berusia 76 tahun). Kesamaan mereka antara lain sadar teknologi, ingin belajar, dan ingin bicara," kata Enda.

Budi Putra yang mantan wartawan, lalu memutuskan untuk jadi blogger profesional menambahkan, para blogger punya kebiasaan suka mengeritik, memberi tanggapan jika dikeritik, serta suka berbagi.

Karena adanya kultur itu dalam nge-blog, tidak berlebihan jika Pesta Blogger 2007 yang mengusung tema "Suara Baru Indonesia", mencuatkan harapan akan lahirnya generasi baru Indonesia yang punya karakter suka berbagi, sportif, terbuka, dan bertanggung jawab.

Lebih lanjut Budi mengatakan, content atau isi menjadi daya tarik sebuah blog. Blog dengan isi yang tidak menarik tidak akan diperhatikan orang. "Masa depan blog itu di content, pertarunganna di situ," katanya.

Menurut dia, blog yang menarik adalah yang punya perhatian khusus terhadap sesuatu hal atau topik. "Jadi kalau orang ingin mengetahui tentang topik tertentu seperti tentang musik jaz misalnya, orang tahu, oh itu ada di blog ini," katanya.

Saat ini sedikitnya ada 130.000 blog di Indonesia. Namun yang digarap secara serius tidak banyak, kebanyakan merupakan blog yang bersifat personal.(Aegi/KCM)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: