Langsung ke konten utama

Solidaritas Antarblogger

Untuk apa kita nge-blog? Apa arti penting blog itu?

Begitulah beberapa pertanyaan yang sering saya dapat dari beberapa teman.
Karena tak bisa langsung menjawab pertanyaan itu, biasanya saya balas bertanya, “Kenapa sampean menanyakannya?”

Biasanya pula, kalau saya sudah mengeluarkan jurus pamungkas mengelak dari pertanyaan seperti itu, mereka cuma bisa tertawa ngakak.

Salah seorang teman lalu mengatakan, “Soalnya, saya nggak habis pikir, Mas. Kok, ya, bisa-bisanya para blogger itu saling berhubungan, meskipun mereka tak pernah bertemu muka. Bagaimana mereka bisa asyik ngobrol tentang apa saja via Internet? Apa yang menyatukan mereka? Apa yang membuat mereka saling percaya?”

Dia bertanya begitu karena melihat ada fenomena solidaritas di kalangan blogger. Mereka kerap tolong-menolong, meski belum saling mengenal atau bahkan bertemu muka. Begitu ada kabar seorang blogger tertimpa musibah, misalnya, seorang blogger pasti segera mengontak para blogger lain untuk saweran uang sekadar meringankan beban tagihan.

Seorang blogger pernah bercerita, ketika istrinya melahirkan, mendadak ada rombongan blogger yang datang ke rumah sakit dan menyumbangkan sedikit uang persalinan. “Padahal saya belum pernah bertemu mereka langsung, melainkan hanya saling berbalas kunjungan di blog,” katanya.

Saya punya pengalaman lain. Pekan lalu anak sulung saya sakit gigi sampai bengkak pipinya karena infeksi. Meski sudah ke dokter gigi, bengkaknya tak kunjung sembuh.

Dalam kebingungan, saya teringat pada seorang blogger yang kebetulan berprofesi sebagai dokter gigi dengan spesialisasi bedah mulut. Kebetulan kami sering berbalas kunjungan di blog. Saya lalu mengontak dia melalui Yahoo! Messenger untuk berkonsultasi tentang kasus anak saya itu.

Sambutannya sungguh luar biasa. Ia bukan hanya menjelaskan panjang-lebar cara menangani bengkak akibat infeksi di mulut, ia bahkan memberikan nomor telepon selulernya yang bisa dihubungi selama 24 jam tiap hari untuk berkonsultasi. Gratis. “Sesama blogger kan bersaudara, Mas,” begitu katanya melalui telepon.

Saya kagum pada ketulusan bantuannya. Dia benar-benar dokter yang luar biasa. Berkat informasinya, anak saya berangsur membaik.

“Begitulah asyiknya pergaulan di ranah blog,” kata seorang teman. Hanya gara-gara sering bertemu di ranah blog, mereka bahkan bisa membentuk komunitas, formal ataupun nonformal.

Di bawah payung komunitas yang cair itu, mereka bertemu (kopi darat), saling mengenal, lalu terjalin solidaritas. “Bayangkan seandainya solidaritas para blogger itu menular ke komunitas yang lebih luas, Mas,” kata teman saya. “Mungkin tak perlu terjadi apa yang disebut … apa namanya itu … konflik horizontal.”(Wicaksono/blogtempo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Kenapa Masih Menjadi Aktivis dan Kenapa Masih Bekerja di NGO

Oleh : Jack Rimbawan

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya untuk sukses dalam bekerja di mana kategori sukses menurut orangtua adalah menjadi PNS atau pegawai kantoran. Bahkan, yang bapaknya tentara pasti ingin putranya jadi penerus untuk jadi tentara. Namun pernahkah ada orangtua yang menyarankan anak atau menantunya untuk bekerja menjadi aktivis, atau menjadi sang demonstran?

Kata aktivis dalam penyerapan Bahasa Indonesia adalah seorang yang aktif dalam berkegiatan atau orang yang dalam kehidupannya total memperjuangkan tujuan atau cita-citanya.

Sejarah Pergerakan Bangsa dan Aktivitas

Bila kita masih dapat mengingat pelajaran sejarah dari zaman masih duduk di bangku sekolah sampai kuliah, maka kita tak bisa pungkiri bahwa kemerdekaan bangsa ini karena adanya aktivis-aktivis yang lahir dari para pemuda Bangsa Indoneisa. Di jaman sebelum kemerdekaan atau tepatnya jaman era kebangkitan bangsa para pemuda di Indonesia menyatakan satu visi, satu ideologi dalam sebuah kesamaan, yaitu sam…