Langsung ke konten utama

Siswa Antar Negara Diskusi Pemanasan Global di Makassar

Makassar,Greenblog-Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo Kab. Takalar memfasilitasi diskusi antar siswa SMP di Kota Makassar dengan siwa yang berasal di Negara Eropa, di Makassar ( 11/11).

Diskusi mengenai lingkungan dan budaya antar Negara ini dilakukan melalui Video Confrence. Tujuan Diskusi tersebut untuk menukar informasi dengan siswa di beberapa Negara tentang budaya, pendidikan, lingkungan dan teknologi. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Bakti Kota Makassar, dengan mengambil tema " Global Citizenship".

Koordinator Time Project PPLH Beatrix .AR, mengatakan bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain berupa Video Confrence, diskusi dan mendesain jam. Untuk Video Confrence ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan dengan melibatkan lima SMP di Kota Makassar diantaranya SMP Mulia Bahkti School, SMP Atira, serta SMP Negeri 3 dimana setiap sekolah mengirim empat orang siswa-siswi mereka. Sementara siswa dari Negara lainyang mereka ajak diskusi berasal dari Negara Canada, Rusia, Swedia, dan Inggris.

"Dalam diskusi tersebut masing-masing siswa di bagi kelompok dan diberi sub tema yang mereka pilih untuk di diskusikan dengan menggunakan bahasa inggris,"jelasnya.

Beatrix menjelaskan, bahwa sub tema yang diberikan masing-masing kelompok berbeda-beda seperti mengenai isu kesehatan global akibat dampak pemanasan global. Dan rencananya PBB akan melaksanakan konfrensi yang akan membahas tentang pengaruh pemanasan global didunia yang diadakan di Bali pada Tanggal 3 sampai 14 Desember 2007, kuncinya.(Andi Ahmad Effendi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

RoFA, Melihat Indonesia yang Sesungguhnya

Perjalanan tim ROFA. Foto: RoFA.

Tak banyak anak negeri yang rela menghabiskan waktu, pikiran, dan energinya menjejalahi kepulauan Nusantara. Adalah Youk Tanzil bersama anaknya beriniasif melakukan perjalanan panjang menjelajahi Nusantara sebagai bentuk dedikasi dan kepedulian mereka pada Indonesia. Ini merupakan cita-cita besar yang memang telah mereka idamkan sejak lama.