Langsung ke konten utama

Skema REDD Tak Menguntungkan Bagi Masyarakat Adat

Oleh : Marwan Azis

Jakarta, Greenpress-Program reduksi emisi melalui hutan atau REDD (Reducing Emission from Deforestation in Developing Countries) yang ditawarkan pemerintah Indonesia dinilai oleh kalangan CSO (Civil Society Organization) Network On Forestry Governace and Climate Change, tidak menguntungkan bagi rakyat Indonesia terutama masyarakat adat..

Proposal skema REDD hanya akan menguntungkan pemerintah dan pengusaha. Mengingat mekanisme REDD hanya akan diterapkan pada sebagian kawasan hutan yaitu hutan produksi, kawasan hutan konservasi atau lindung, hutan gambut, hutan tanaman industri (HTI) dan sawit. Sementara hutan kemasyarakatan, hutan desa, hutan adat dan hutan rakyat tidak masuk dalam skema REDD.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi mengkritisi skema REDD yang diselenggarakan CSO Network On Forestry Governace and Climate Change dihadiri oleh puluhan jurnalis dari berbagai media di Café Darmint Pasfest Rasuna Said Jakarta (29/11) kemarin.

Menurut Direktur Java Learning Centre (JAVLEC) Agus Affianto, skema REDD yang ditawarkan pemerintah saat ini memiliki beberapa kelemahan antara lain, REDD tidak memberikan kompensasi terhadap satu paket fungsi sumber daya hutan yaitu penyimpangan karbon dengan penambahan serapan karbon, bahkan cenderung hanya memberikan kompensasi terhadap pelepasan karbon yang tercegah yang didasarkan pada kondisi baseline trend tingkat deforestasi dan degradasi, sehingga REDD tidak memberikan reward terhadap SDH mencakup luas dan fungsinya secara keseluruhan.

Selain itu, mekanisme REDD hanya akan diterapkan pada sebagian kawasan hutan yaitu hutan produksi, kawasan hutan konservasi atau lindung, hutan gambut, hutan tanaman industri (HTI) dan sawit.

Artinya REDD hanya akan memberikan kompensasi pada kawasan hutan alam yang tidak jadi terdeforestasi dan terdegradasi akibat aktivitas pada kelima kawasan hutan tersebut baik melalui penebangan, konversi, maupun penggunaan lainnya. Karena kompensasi REDD hanya terbatas pada kelima kawasan hutan itu, maka hanya pihak Pemerintah, Perhutani dan pengusaha saja yang memiliki konsesi atau berhak mengelola kompensasi dana REDD.

Sementara upaya pemulihan kawasan yang terdeferostrasi dan terdegradasi serta upaya pelestarian yang dilakukan oleh kelompok-kelompok pengunaan hutan melalui skema Community Based Forest Management (CBFM) seperti hutan kemasyarakatan, hutan desa, hutan adat dan hutan rakyat yang nyata-nyata terbukti lebih berkelanjutan tidak diberi aapresiasi atau tidak dapat sama sekali kompensasi REDD.”Padahal dengan diterapkan mekanisme REDD, maka masyarakat akan dilarang menebang pohon karena akan melepaskan karbon,”imbuhnya.

Hal tersebut akan akan memicu peningkatan jumlah penduduk miskin. “46 juta masyarakat Indonesia yang miskin berada di sekitar dan dalam hutan,”ungkap Picus panggilan akrab Agus Affianto.

Kondisi kemiskinan seperti itu akan menyebabkan ketergantungan masyarakat terhadap sumber daya hutan sangat besar dan pada akhirnya akan dapat memicu terjadinya perubahan hutan seperti hutan lindung, taman nasional dan kawasan konservasi lainnya dan tentu akan menjadi bumerang bagi skema REDD dan akan dipakai oleh negara maju untuk menekan negara berkembang.

Dengan kondisi seperti itu, Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Gaja Mada (UGM) ini agak pesimis, Indonesia bakal menerima kompensasi karena pasti akan terjadi kebocoran karbon.”Skema REDD dengan menggunakan mekanisme kaplin versus total kompensasi. Bantuan dengan skema REDD itu bukan saja setengah hati tapi juga penipuan negara maju terhadap negara berkembang,”tukasnya.

Lebih jauh Picus mengungkapkan, jika skema REDD jadi direalisasi dengan cara memproteksi sumber daya hutan maka akan terjadi stagnasi pembangunan di sektor kehutanan dan akan mempengaruhi aktivitas industri di tanah air.

Hal senada juga disampaikan Direktur Program Forestry Governance Programme dari Kemitraan. Ia menyoroti kecilnya dana yang kompensasi yang diperoleh dari skema REDD yaitu 4 US$ per matriks ton karbon.

Apalagi untuk proses kompensasi itu ada biaya operasional yang dibebankan kepada negara pemilik hutan tropis, sehingga yang akan diterima 60-70 persen dari total dana REDD.

"Pada prakteknya potongan biaya operasional itu bisa mencapai 90 persen," ujarnya. Agung mencontohkan Kosta Rika, yang telah melakukan mekanisme sejenis REDD dari negara-negara Uni Eropa, 90 persen dana kompensasi REDD habis terpakai untuk mengaji konsultan asing dan operasional, jadi hanya memperoleh 10 persen yang diperoleh negara penerima skema REDD.”Ini rugi besar apalagi Indonesia belum memiliki model perhitungan harga,”ujarnya.

Sementara Direktur Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN), Arif Aliandi mengatakan, jika tidak diantisipasi dengan baik maka posisi negara maju dalam konteks mekanisme kompensasi pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi (REDD) dapat bergeser ke arah pembelian hak untuk mempolusi dari negara maju ke negara berkembang.

Kecenderungan pemindahan tanggung jawab pencegahan perubahan iklim global lanjut Arif, melalui pengurangan emisi dari deforestasi kepada negara berkembang mulai nampak ketika negara maju menawarkan mekanisme REDD.”Dari sini terlihat bahwa dalam proses negosiasi tersebut akan berhadapan antara right to polutte dengan responslibilities to mitigate. Keadaan seperti ini akan melemahkan posisi negara berkembang termasuk Indonesia,”ujar Agus.

REDD Tidak Bisa Jadi Solusi

Pakar lingkungan hidup, Emil Salim, mengatakan bahwa mekanisme pengurangan emisi dari deforestasi di negara berkembang yang disebut REDD, yang akan diperjuangkan Pemerintah Indonesia dalam sidang UNFCCC di Bali pada Desember 2007 bukanlah solusi tunggal buat menghadapi perubahan iklim.

"REDD tidak membawa dampak secara langsung dan segera buat kita, karena pencemaran masih akan terus bergerak naik seiring dengan itu," kata Emil Salim seperti yang dilansir Kantor Berita Antara

Emil sendiri berkeyakinan bahwa proposal REDD disetujui dalam pertemuan di Bali, tapi ia menekankan bahwa Indonesia tetap harus membuat rencana aksi secara nasional tentang perubahan iklim ini."Tetap akan ada jeda waktu hingga REDD bisa dirasakan dampaknya, dan kita harus melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yang sudah berpengaruh di Indonesia sekarang," ujar mantan Menteri Negara Lingkungan Hiudup ini.

Karena itu, ia mendesak semua pihak, agar mulai mengubah paradigma yang terkait dengan pembangunan dan keberlangsungan lingkungan hidup."Kita harus mulai berparadgima untuk hidup bersama hutan, bukan dengan mengambil keuntungan lewat pembalakan dan penggundulan hutan," ujarnya.

Emil menegaskan, hutan akan membawa keuntungan lebih banyak bagi umat manusia bila hutan masih tersisa di dunia, ketimbang bila semuanya dimusnahkan ***.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.