Langsung ke konten utama

Civil Society Forum Tuntut Keadilan Iklim

Bali,Greenpress-Civil Society Forum (CSF). sebagai aliansi kerjasama organisasi masyarakat sipil Indonesia untuk climate change bertekad akan terus menuntut suatu kebijakan global yang mampu memberikan keadilan iklim terutama petani dan nelayan yang paling merasakan dampak dari pemanasan global.

“Ada jutaan nelayan dan petani yang saat paling merasakan dampak pemanasan global. Naiknya permukaan laut dan kondisi cuaca yang tak menentu berakibat pada terganggunya aktivitas nelayan dan petani. Apalagi ada pemiskinan,”kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Khalik Muhammad. .

Karenanya lanjut Khalik, CSF akan berjuang untuk mewujudkan keadilan iklim.“Ini adalah forum kita bersama, CSF mengalang kekuataan untuk mendorong kepakatan Bali,,”kata Khalik dihadapan ratusan peserta National NGO Strategic Meeting di Inna Putri Bali (1/12).

Hal senada juga diungkapkan Annida. Menurutnya, CSF akan berfungsi menjadi wadah sharing informasi pengetahuan terkait dengan perubahan iklim”Apa yang perlu kita lihat soal perubahan iklim, bagimana kita harus bertindak dan menyikapinya, kita akan rumuskan bersama-sama dalam forum ini,”kata penggiat CSF ini, saat memandu acara Nasional NGO Strategic Meeting.

Dikatakan, hingga saat ini sudah 50 organisasi yang konsen di isu lingkungan yang bergabung dalam mailing list CSF yang membahas mengenai perubahan iklim yang juga memiliki tujuan yang sama dengan CSF untuk keadilan iklim.

Lebih jauh Annida mengatakan, dalam menuntut dan memperjuangkan keadilan iklim dalam UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change), CSF telah membagi diri menjadi tiga tim yaitu tim substansi, tim kampanye, dan tim sekretariat.

Dari tim-tim tersebut diharapkan akan bekerja maksimal dalam menyambung dan menegosiasikan suara masyarakat dalam acara UNFCCC.”Kita ingin menyadar tahukan terhadap perubahan iklim baik itu di tingkat komunitas maupun di tingkat CSO nasional maupun internasional,”tuturnya.

Setidaknya beberapa tuntutan CSF paling mendasar untuk keadilan iklim antara lain, negara maju harus melakukan pengurangan emisi secara drastis serta penghapusan utang dimasa lalu yang selama ini dipakai menjadi prasyarat perumusan modalitas pembiayaan solusi bencana dan krisis lingkungan.

Selama momentum Conferensi of the Parties (COP) 13, CSF akan menggelar berbagai kegiatan yang bertempat di kompleks UNFCCC dan Kampung CSOF kampung CSO Forum berupa kegiatan seminar, worshop, pameran merefleksikan CSF terhadap perubahan iklim. (Marwan Azis).


Catatan redaksi :
Pemberitaan ini terselenggara atas kerjasama : Perkumpulan Skala, Green Press, LATIN dan Kemitraan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

RoFA, Melihat Indonesia yang Sesungguhnya

Perjalanan tim ROFA. Foto: RoFA.

Tak banyak anak negeri yang rela menghabiskan waktu, pikiran, dan energinya menjejalahi kepulauan Nusantara. Adalah Youk Tanzil bersama anaknya beriniasif melakukan perjalanan panjang menjelajahi Nusantara sebagai bentuk dedikasi dan kepedulian mereka pada Indonesia. Ini merupakan cita-cita besar yang memang telah mereka idamkan sejak lama.