Langsung ke konten utama

Emil Salim Bantah Minta REDD

Nusa Dua,Greenpress-Emil Salim, ketua delegasi Indonesia dalam COP 13 Bali, membantah ia minta REDD kepada negara donor. Baik REDD, bantuan adaptasi dan CDM murni atas permintaan delegasi Indonesia.

Bersama dengan James Griffith, anggota World Business Council for Sustainable Development, Emil Salim membahas kemungkinan lahan gambut di Riau dijadikan proyek REDD.

“Hutan gambut di Riau harus dijaga jangan sampai melepaskan karbon. Tak akan ada lagi pembukaan lahan gambut lagi,” jelas Emil.

“Kita menunggu proses REDD di Bali. Ini merupakan peluang Indonesia untuk ikut serta mengurangi emisi bagi masyarakat dan pemerintah,” tambahnya.

Di lain pihak, James menjelaskan apa yang diperlukan bagi Indonesia buat hutannya, yaitu manajemen yang aktif dan bertanggungjawab. Dengan mengelola hutannya, Indonesia akan menjaga satwa liar, mengurangi pengurangan emisi dunia dan meningkatkan lapangan kerja dengan banyaknya perusahaan yang berdiri.

Dalam penjelasan Emil di ruang paviliun Indonesia, Hotel Westin, Nusa Dua Bali, skema REDD dan CDM entah disetujui atau tidak, akan tetap dijalankan. Alasannya, melihat fakta bahwa hutan Indonesia banyak dijarah, maka pengetatan penjagaan mutlak perlu. (Hendro Prasetyo/CSF)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.