Langsung ke konten utama

Kanada & Jepang Akan Ganjal Perundingan UNFCCC


Nusa Dua, Greenpress-Jalan negosiasi Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC) yang saat ini berlangsung di Bali semakin tidak jelas arahnya bahkan sebuah dokumen terbaru yang telah dibocorkan menunjukan bahwa Kanada akan mengganjal perundingan UNFCC. Hal yang sama ternyata juga akan dilakukan oleh Jepang.

Hal itulah yang mendorong Greenpeace menyerukan pemerintah-pemerintah dunia untuk bertindak bersama jika ingin berhasil dalam pertemuan ini. ”Kita masih menunggu kepemimpinan dari pemerinahan baru Australia yang belum nampak hingga saat ini,” ujar Direktur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara Emmy Hafild di Bali (10/12) seperti yang dikutip situs CSO Forum

Dalam akhir pekan ini, diharapkan telah muncul kesepakatan yang mengakui bahawa masih memungkinkan untuk menjaga suhu dunia di bawah 2 derajat celcius. ”Celakanya, kepemimpinan yang diperlukan untuk ini belum terlihat,” tegasnya.

Greenpeace juga menyerukan agar menteri keuangan yang saat ini tengah mengadakan pertemuan di Bali bersedia mendanai revolusi energi yang dibutuhkan dunia. ”Invesatasi di bidag energi terbarukan akan menhemat hingga 10 kali dalam pengeluaran untuk energi fosil,” tegas Sven Teske, Juru kampanye Greenpeace.(Firdaus Cahyadi/Marwan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Otto Soemarwoto, Guru Besar Pro Lingkungan & NKRI

Guru besar emeritus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, ini seorang tokoh yang pro lingkungan hidup dan pro Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Doktor dalam Plant Physiology, Universitas California, Berkeley, AS, kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 19 Februari 1926, ini mengatakan setiap proyek harus bertujuan untuk memperkuat NKRI dan lingkungan hidup.


Prof Dr Otto Soemarwoto yang dikenal rendah hati dan sederhana, itu mengatakan selama ini banyak kegiatan pembangunan yang mengabaikannya. Dia memberi contoh, pembangunan transportasi yang lebih banyak diarahkan pada transportasi darat. Padahal Indonesia adalah negara kelautan. Akibatnya, laut belum menjadi penghubung, melainkan pemisah.

Menurut suami dari Idjah Natadipraja MA dan ayah dari Gatot Soemarwoto, Rini Soemarwoto dan Bambang Soemarwoto, itu pembangunan juga masih bersifat Jawa-sentris sehingga menimbulkan iri hati dan berujung kehendak untuk memisahkan diri. Menurutnya, sekitar 80 persen pembangunan jalan tol ada di…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.