Langsung ke konten utama

Peserta UNFCCC Sepakati Dana Adaptasi


Nusa Dua, Greenpress-Setelah perdebatan yang melelahkan akhirnya para delegasi Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC) di Nusa Dua, Bali, menyepakati dana bagi program adaptasi.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Konferensi Para Pihak (COP) ke-13 di Bali Rachmat Witoelar setelah bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Four Seasons, Bali. Namun, Witoelar tidak menjelaskan secara detail kesepakatan tersebut.

Menurut Rachmat Witoelar, dana adaptasi tersebut akan diambil dari dana mekanisme pembangunan bersih atau clean developement mechanism. Pengambilan dana itu sudah disepakati oleh lembaga yang mengelolanya. Namun, persentasenya baru akan diumumkan setelah kesepakatan itu dibawa ke pertemuan tingkat menteri.

"Dana adaptasi tersebut akan diprioritaskan untuk kelompok rentan dan negara-negara yang paling terkena dampak perubahan iklim,"kata Rachmat seperti yang dikutip situs metrotvnews.

Seraya menambahkan, semua negara sepakat tentang pentingnya adaptasi guna mengatasi perubahan iklim global. Mereka juga merasa optimistis terhadap keberhasilan proses mitigasi.(DOR/WAN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.