Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 4, 2007

Kualitas Lingkungan Indonesia Makin Menurun

Mungkin kita sudah mengetahui apa telah terjadi terhadap lingkungan hidup Indonesia selama tahun 2006. Namun tak ada salahnya jika kita kembali menengok rekaman berbagai kejadian selama tahun itu di buku Status Lingkungan Hidup Indonesia diterbitkan KLH, agar kita bisa mengambil pelajaran di dalamnya. Berikut ulasan Marwan Azis* mengenai Buku SLHI 2006.

Buku SLHI 2006 setebal 285 halaman itu, selain mengupas status berbagai sumber daya alam Indonesia, buku ini mengetengahkan isu-isu lingkungan yang menonjol selama tahun 2006. Bahkan penyusun SLHI ini memberikan porsi tersendiri bagi isu lingkungan yang paling menonjol dalam bentuk buku suplemen secara terpisah setebal 65 halaman.

Peluncuran buku tersebut dihadiri oleh legislatif, departemen terkait, lembaga donor, akedemisi, LSM, lembaga donor, pers, dunia usaha, narasumber serta para penjabat KLH, Lauching buku itu dirangkaikan dengan diskusi panel diskusi panel bertema “Kesiapan Indonesia Dalam Merespon Masalah Perubahan Iklim” ber…

Berita Foto : Gajah Sumatera Mati

Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) bernama Fatma mati di kebun Binatang Medan. Kematian itu terjadi setelah Fatma menghuni kebun binatang itu selama sebelas hari.

Sebelumnya, Fatma merupakan gajah yang dilatih di Taman Hutan Rakyat (Tahura), Kabupaten Karo. Diduga kuat, Fatma mati lantaran penurunan kondisi fisik yang tajam setelah gagal menyesuaikan diri di tempat barunya.(Andy Riza Hidayat/Kompas)