Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 8, 2007

Manusia Memang Penghasil Sampah

JAKARTA,Dalam segala kegiatannya, manusia hampir selalu menghasilkan sampah. Ini menjadi pemicu meningkatnya jumlah emisi gas rumah kaca (GRK).

Sampah mempunyai kontribusi besar untuk emisi GRK yaitu gas metan (CH4). Diperkirakan 1 ton sampah padat menghasilkan 50 kilogram gas metana. Sementara, kontribusi emisi GRK dari sektor kehutanan dan energi juga besar.

Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat, diperkirakan pada 2020 sampah yang dihasilkan per hari sekitar 500 juta kilogram per hari atau 190 ribu ton per tahun. Ini berarti pada tahun tersebut Indonesia akan mengemisikan gas metana ke atmosfer sebesar 9500 ton.

Data Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengatakan pada 1995 rata-rata orang di perkotaan di Indonesia menghasilkan sampah 0,8 kg per hari. JUmlah ini terus meningkat hingga 1 kg per orang per hari pada 2000. Diperkirakan timbunan sampah pada 2020 untuk tiap orang per hari adalah sebesar 2,1 kg.

Masih menurut KLH, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah adalah sumber ant…

Jangan Main-main dengan Perubahan Iklim!

Salah satu dampak perubahan iklim adalah mencairnya es di kutub. Perubahan iklim dalam prosesnya terjadi secara perlahan sehingga dampaknya tidak langsung dirasakan saat ini namun akan sangat terasa bagi generasi mendatang.


Kalau tak mau kualitas hidup manusia anjlok sampai titik nadir, jangan main-main dengan perubahan iklim.

Berdasarkan penelitian para ahli, perubahan iklim diketahui akan menimbulkan dampak-dampak yang merugikan bagi kehidupan umat manusia.

Kekeringan, gagal panen, krisis pangan dan air bersih, hujan badai, banjir dan tanah longsor, serta wabah penyakit tropis merupakan beberapa dampak akibat perubahan iklim. Oleh karena itu, demi kelangsungan hidup manusia kita harus segera berupaya mengurangi kegiatan yang mengeluarkan emisi gas rumah kaca guna menghambat laju terjadinya perubahan iklim.

Perubahan iklim dalam prosesnya terjadi secara perlahan sehingga dampaknya tidak langsung dirasakan saat ini namun akan sangat terasa bagi generasi mendatang.

Di bawah ini adalah beb…