Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 23, 2007

Merawat Bumi, Meraup Devisa

Bencana mengintip di balik pemanasan global yang kian parah. Indonesia bisa mengambil keuntungan dari fenomena ini sekaligus beraksi menyelamatkan bumi.

Tidak banyak yang menyorot kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di sidang komisi mitigasi dalam High Level Event on Climate Change di New York pada Senin (24/9).Pada sidang komisi tersebut,Presiden SBY mengharapkan negara-negara maju lebih berusaha menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK). Emisi GRK dianggap bisa menyengsarakan negara berkembang yang tidak secara langsung menikmati kemajuan industri negara maju.

Presiden SBY juga mengharapkan harga kredit karbon dapat dikatrol ke posisi yang lebih baik. Pernyataan tersebut terkait dengan harga certified emission reductions (CER) karbon yang masih labil, padahal Indonesia memiliki potensi besar untuk menggali pemasukan dari program itu. Sidang komisi tersebut merupakan persiapan untuk sidang Conference of the Parties(COP) ke-13 yang akan dilaksanakan di Bali pada 3–14 Desember…

Mengintip Pengelolaan Hutan Milik Masyarakat

Hari masih Pagi, tapi masih membuat Nasir (41 th) bergairah untuk berbenah diri. Beberapa peralatan seperti parang dan pacul telah disiapkannya. Tak lupa Ia menyerumput kopi setengah manis buatan Ida isterinya di meja tamu. Parang diselip di pinggang sedang pacul dipanggul di bahu. Dengan santai pria berkumis tebal ini menuju kebun jati yang terletak 30 meter dari rumahnya.

Kegiatan ini dilakoni Nasir setiap akhir pekan. “Di luar hari Minggu, saya manfaatkan untuk merawat tanaman palawija seperti jagung, ubi dan tanaman jangka pendek lainnya,”kata Nasir saat ditemui di kebun jati miliknya di Desa Aoreo Kecamatan Lainea, Kabupten Konawe Selatan.

Sebelum berbincang panjang lebar Nasir tampak asyik membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon jati miliknya. Saking seriusnya, tak terasa bulir keringat yang menempel di dahinya ini mulai berjatuhan.

Nasir memang begitu perhatian besar pada pohon-pohon jati tersebut. Jati dirawatnya sejak kecil. Pohon jati tersebut warisan o…