Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 27, 2007

Parameter Penilaian Artikel Lingkungan

IGG Maha Adi

___________________________________________


1. Content/ Isi:
A. Apakah artikel itu memang artikel lingkungan hidup
(yang berfokus kepada interaksi antara hayati & non hayati ?)
B. Atau artikel itu lebih banyak membahas dampak lingkungan dalam bidang2 lain seperti kesehatan, kemiskinan, kriminalitas dan masalah sosial lainnya?
(pembahasan bidang lain sulit dihindari, tetapi biasanya tidak boleh lebih dari 20 persen)
C. Apakah sudah menghindarkan diri dari SARA?
D. Apakah sudah ada penjelasan memadai kenapa masalah tersebut diberitakan dan apa dampak dari masalah tersebut untuk publik?
E. Apakah artikel tersebut masih aktual?
(untuk harian biasanya aktualitas berumur 1 hari, mingguan 1 minggu, namun dapat dibuat dalam bentuk feature yang bersifat timeless dan masih dapat dibaca dalam beberapa minggu. Ciri feature, a.l: reportase lapangan yang kuat dan mendominasi)?
F. Apakah ada opini penulis dalam artikel tersebut yang didukung pendapat para pakar?
(Opini terlar…

Lemahnya Kesadaran Warga, Perparah Kerusakan Hutan di Gowa

Gowa, Greenblog-Tingginya laju kerusakan kawasan hutan di kabupaten Gowa mengundang keprihatinan aktivitis LSM lingkungan di daerah itu. Mereka mengusulkan agar Pemkab Gowa segera membuat program perbaikan lingkungan dan penegakan hukum lingkungan.

Mengingat kawasan hutan di Kabupaten Gowa terutama di daerah Malino merupakan sumber air yang selama ini memenuhi kebutuhan empat kabupaten/kota di Sulsel antara lain Gowa, Jeneponto, Takalar, dan Kota Makassar sehingga sangat penting untuk dilestarikan. “ Solusi paling realistis saya kira untuk saat ini perlu ada Badan atau insitusi yang memiliki otoritas dalam pengelolaan lingkungan di Malino, sebagai salah satu usaha mengantisipasi makin meluasnya kerusakan kawasan hutan di kecamatan Tinggimoncong, “ kata Syawaluddin salah seorang penggiat penggiat LSM lingkungan di Kabupaten Gowa. Badan tersebut nantinya juga akan memiliki kewenangan dalam pengelolaan jasa lingkungan di daerah tersebut.

Sementara Muh Hatta dari Yayasan Baruga Cipta …