Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 23, 2007

Koalisi Masyarakat Sipil Bali Siapkan Parade Budaya Perubahan Iklim

Jakarta, Greenpress-Para aktivivis Lembaga Swadaya Masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Bali akan ikut meramaikan konferensi perubahan iklim (Global Warming Conference) di Bali bulan depan. Mereka tengah menyiapkan gelar Parade Budaya untuk Keadilan Iklim.“Akan kami gelar bersamaan dengan konferensi nanti,” kata Ngurah Termana, koordinator koalisi, Jum’at (22/11).


Parade berupa pagelaran seni budaya tradisional hingga musik rock and roll. “Intinya , kami ingin memberi suara alternatif agar Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak bersifat elitis. “Suara kami mewakili rakyat Bali” tegasnya.

Koalisi Masyarakat Sipil merupakan gabungan dari berbagai kelompok sipil di Bali seperti Walhi Bali, Mitra Bali, Yayasan Wisnu, Kalimajari, PPLH, Sloka Institute, Taman 65, mahasiswa, pelajar, dan berbagai kelompok lain. Koalisi ini dibentuk untuk memberi suara pada hiruk pikuk Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim nanti.

Acara akan digelar di Lapangan Puputan Renon Den…

Negara Maju Dukung Proposal REDD Indonesia

Jakarta, Greenpress-Proposal Indonesia tentang mekanisme pemberian insentif dana dari negara industri terhadap negara berkembang pemilik hutan (REDD - "Reducing Emission from Deforestasion in Developing countries") telah didukung oleh beberapa negara maju seperi Jerman, Australia, Inggris, Kanada, Jepang, dan Norwegia.

"Jerman dan Australia bahkan telah menyatakan komitmennya untuk menyalurkan dana skema penurunan emisi dari kerusakan hutan (REDD)," kata Haneda Sri Mulyanto, anggota tim perunding Indonesia dalam Sidang Perubahan Iklim PBB (UNFCCC), di Bogor, Kamis.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Pemerintah Australia telah berkomitmen menyalurkan dana 30 juta dolar Australia untuk Indonesia, yang tergabung dalam program Kemitraan Global untuk Lingkungan Hidup (GEP).

Sedangkan Pemerintah Jerman sudah berjanji akan membiayai 25 juta Euro program REDD di Indonesia.

"Dalam sidang UNFCCC di Bali nanti, Indonesia bertarget skema REDD diterima oleh semua negara seba…