Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 26, 2007

Rainbow Warrior Kampanye Penyelamatan Hutan di Jakarta

Foto : Marwan Azis.

Jakarta,Greenpress-Kapal Rainbow Warrior milik kelompok pencinta lingkungan Greenpeace sejak Kamis (22/11) lalu berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal ini sengaja datang ke Indonesia untuk membantu kampanye penyelamatan hutan dan iklim.

Kedatangan “Prajurit Pelangi” itu untuk mendesak Pemerintah Indonesia untuk segera menyelamatkan hutan Indonesia dengan cara memberlakukan moratorium atas deforestasi dan meninjau perundang-undangan, tata kelola dan penegakan hukum. Spanduk besar bertuliskan "Selamatkan hutan, selamatkan iklim kita" dibentangkan di bagian atas dek kapal.

Greenpeace meminta pemerintah Indonesia untuk berjuang menghentikan aktivitas pembukaan hutan yang berdampak terhadap perubahan iklim global. Mereka juga agar pelaku illegal logging ditindak tegas dan tidak melindunginya. "Kita minta pemerintah menghentikan penebangan hutan untuk kepentingan apa saja. Seperti untuk perkebunan kelapa sawit dan lainnya. Ini yang kita berharap berh…

Hutan, Tulang Punggung Kehidupan

Untuk memperkaya wawasan pembaca tentang Hutan, redaksi sengaja menampilkan artikel tentang hutan yang pernah dimuat di Majalah Intisari.

Mendengar kata "hutan", dalam benak kita akan muncul beragam bayangan. Pepohonan besar penghasil kayu. Alam nan indah sekaligus mengerikan, karena bertebing dan berjurang dengan sungai-sungai besar. Banyak binatang buas berkeliaran, semisal ular, harimau dan sebagainya.

Namun sosok hutan bukan sekadar "bayang-bayang" itu, melainkan suatu ciptaan dan karunia Tuhan yang nilainya tiada tara bagi kehidupan.

ilustrasi: antonHutan adalah tulang punggung alam semesta, ekosistem yang rumit, tempat unsur-unsur yang tak terbilang banyaknya sama-sama hidup, dan saling mempengaruhi. Ia memainkan peranan penting dalam keseimbangan biologis alam. Unsur-unsur itu meliputi pohon, perdu, semak-semak, dan tumbuhan lainnya, binatang, jasad renik, tanah dengan semua bahan organik dan anorganik, air dan iklim mikronya.

Beberapa alasan, mengapa hutan s…

Indonesia Jangan Sekadar Jadi "Penjaga Hutan"

Denpasar, Greenpress - Pemerintah Indonesia diingatkan untuk tidak sekadar memanfaatkan kesempatan meraih dana "penjaga hutan" pada konferensi internasional perubahan iklim (UNFCCC) di Nusa Dua, Bali, 3-14 Desember 2007.

Demikian salah satu pembahasan yang mencuat pada "Workshop Meliput Isu Perubahan Iklim" di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Sabtu lalu, yang diikuti jurnalis dari berbagai media di Bali. Kegiatan itu menyambut penyelenggaraan UNFCCC yang akan diikuti delegasi dari 168 negara di dunia.

Salah satu pemateri, Torry Kuswardono, Koordinator Tim Substansi Perubahan Iklim Walhi Nasional, bahkan secara tegas meminta Indonesia tidak turut "memperdagangkan" emisi karbon dengan memanfaatkan berbagai bantuan maupun yang sifatnya investasi.

Kesediaan Indonesia untuk sekedar berperan sebagai "penjaga hutan", dengan imbalan memperoleh bantuan dana pengamanan hutan maupun investasi, hanya akan memperparah percepatan perubahan iklim ekstrim yang …

Depkominfo Kelola Paviliun Indonesia pada KTT Perubahan Iklim

Jakarta,Greenpress- Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) akan mengelola sebuah gerai pusat informasi mengenai Indonesia yang diberi nama Paviliun Indonesia selama berlangsungnya KTT Perubahan Iklim di Bali, Desember mendatang.

"Peran Depkominfo yang jelas kita diserahi tugas untuk mengelola paviliun Indonesia. Jadi di arena di Nusa Dua Bali, nanti ada yang namanya Paviliun Indonesia yang menyiapkan informasi apa saja tentang Indonesia," kata Menkominfo Muhammad Nuh di Serang, Banten, Sabtu.

Nuh mengatakan pemerintah perlu membuat satu pusat informasi tentang Indonesia melihat banyaknya peserta dan wartawan internasional yang akan datang pada KTT Perubahan Iklim tersebut.

"Karena banyak sekali yang akan datang. Ada 2.500 wartawan luar negeri dan tidak terhitung wartawan dalam negeri dan 10.000 peserta dari negara manapun sehingga kita harus pro aktif untuk menyiapkan diri memberikan informasi tentang Indonesia," lanjut Nuh.

Dia mengatakan ada tiga hal u…