Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 2, 2007

Civil Society Forum Tuntut Keadilan Iklim

Bali,Greenpress-Civil Society Forum (CSF). sebagai aliansi kerjasama organisasi masyarakat sipil Indonesia untuk climate change bertekad akan terus menuntut suatu kebijakan global yang mampu memberikan keadilan iklim terutama petani dan nelayan yang paling merasakan dampak dari pemanasan global.

“Ada jutaan nelayan dan petani yang saat paling merasakan dampak pemanasan global. Naiknya permukaan laut dan kondisi cuaca yang tak menentu berakibat pada terganggunya aktivitas nelayan dan petani. Apalagi ada pemiskinan,”kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Khalik Muhammad. .

Karenanya lanjut Khalik, CSF akan berjuang untuk mewujudkan keadilan iklim.“Ini adalah forum kita bersama, CSF mengalang kekuataan untuk mendorong kepakatan Bali,,”kata Khalik dihadapan ratusan peserta National NGO Strategic Meeting di Inna Putri Bali (1/12).

Hal senada juga diungkapkan Annida. Menurutnya, CSF akan berfungsi menjadi wadah sharing informasi pengetahuan terkait dengan perubahan iklim”A…

Pembangunan Global Picu Pemanasan Global

Bali,Greenpress,- Model pembangunan global yang selama ini hanya menekankan pada aspek pertumbuhan semata merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global.

Hal tersebut disampaikan Direktur Wahana Lingkungan hidup (Walhi), Khalik Muhammad saat pembukaan strategic meeting nasional yang diselenggarakan CSF yang berlangsung di Inna Putri Bali (1/12).

Menurut Khalik, perubahan iklim yang terjadi saat ini yang berakibat pada meningkatnya angka kemiskinan dan kerentanan terutama masyarakat nelayan dan petani.“Jutaan petani akan merasakan dampaknya, apalagi ada upaya pemiskinan. Demikian juga nelayan juga akan merasakan dampaknya akibat kenaikan air laut,”kata Khalik.

Pemanasan global lanjut Khalik terjadi akibat gagalnya pembangunan global yang hanya menekankan pada aspek pertumbuhan ekonomi yang memicu emisi karbon.“Model pembangunan global telah gagal menjamin keselamatan dan kesejahertaan warga dunia secara luas, tidak mampu melindungi produktifitas warga untuk memenuhi syarat-syar…