Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 4, 2007

Berita Foto : Sepeda Medco di Segel di Kampung CSO

Ketgam : Sepeda Medco yang disegel di Tengah Kampung CSO Nusa Dua Bali yang dilakukan aktifis Wahana Lingkungan Hidup, mereka menilai Perusahaan MEDCO berperan besar terhadap Bencana Lumpur Sidioarjo (4/12). Foto : Antonius

Pulau Jawa Berada Diambang Kehancuran

Bali. Greenpress- Rentetan bencana alam seperti banjir, kekeringan,gempa dan berbagai persoalan sosial yang belakangan ini melanda Pulau Jawa menjadi bukti Jawa telah mengalami kebangkrutan ekologis.

Jika kondisi tersebut tak segera diantisipasi, maka penduduk pulau Jawa tinggal menunggu waktu untuk pindah ke pulau lain yang kondisi lingkungan lebih memungkinkan untuk bertahan hidup.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Java Collapse Khalisah Khalid, saat memaparkan hasil penelitian timnya di Bale 1, Kampung Civil Society Organization Forum (CSF) di Kampung CSF, Nusa Dua, Bali, Senin (3/12).”Sebelum semua orang ramai-ramai berbicara perubahan iklim, penduduk Pulau Jawa sudah merasakan dampak buruknya,” tegas alin.

Diungkapkan berdasarkan hasil penelitian selama setahun yang dilakukan Java Collapse, kondisi Jawa saat ini sudah collapse atau bangkrut. Kebangkrutan itu terjadi secara ekologis, ekonomis, dan sosiologis.

Berdasarkan data hasil riset Java Collapse menyebutkan, semua wilayah…

Pesan Pelestarian Lingkungan Ala Seniman Bali

Bali, Greenpress. Para seniman di Bali punya cara tersendiri dalam menyikapi pemanasan global, lewat keahlian yang mereka miliki, goresan cat di atas kanvas disulapnya menjadi media komunikasi untuk mengingatkan siapa saja akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Rebelion Art (seni perlawanan), mereka menyebutnya, Lukisan-lukisan yang ditampilkan memang semuanya bertema tentang keadaan perubahan iklim dan alam sekitar yang memang sudah tercemar akibat perilaku manusia yang tidak bersahabat dengan alam.
Aksi goresan cat para seniman tersebut mengawali pembukaan acara Forum Masyarakat Sipil Indonesia (Civil Society Organization Forum) di Kampung CSO, Nusa Dua, Bali, Senin (3/12) pagi.

Meski acara pembukaan sempat diguyur hujan, hal itu tidak menyurutkan semangat 15 seniman dan pelukis untuk terus menggoreskan kuas dan catnya di kanvas.
Di atas kanvas putih sepanjang 100 meter, para seniman yang care terhadap perubahan iklim itu mulai beraksi dihadapan ribuan peserta pertemuan CSF i…