Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 8, 2007

Atasi Perubahan Iklim Lewat Pertanian Tradisional

Oleh : Marwan Azis,-Bali

Nusa Dua,Greenpress-Cara terbaik untuk mengadapi dampak perubahan iklim di sektor pertanian adalah dengan cara kembali menghidupkan pertanian tradisional yang diyakini terbukti ramah lingkungan dan menjamin keberlanjutan pangan manusia.

Hal tersebut disampaikan sejumlah petani dari belahan dunia saat workshop yang bertema “Sustainable agricultur based on family farming and climate change di stage yang diselenggarakan La Via Campesinar Internasional (Organisasi Petani Internasional) Kampung CSO Nusa Dua Bali (7/12).


Menurut Sawad Uppahad, petani asal Thailand, pertanian industri yang digunakan sejumlah negara maju telah menimbulkan banyak masalah terhadap lingkungan.“Saya berkeyakinan bahwa pertanian tradisional adalah solusi bagi ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan,”ujarnya.

Pertanian tradisional menjadi bisa solusi ditengah perubahan iklim kata Sawad, karena pertanian tradisional banyak memiliki kearifan lokal yang menghasilkan praktek-praktek ramah …

Diteriaki Comparador, Emil Salim Cabut Dari Kampung CSF

Jika sebelumnya Emil Salim, Ketua Delegasi Indonesia sempat menerima tepuk tangan meriah saat berbicara di hotel Hyatt. Namun perlakuan berbeda diterima Emil saat berpidato di panggung Kampung CSO, masyarakat dan aktifis meneriakinya dengan sebutan komprador.

Awalnya acara tersebut berlangsung lancar, karena diawali dengan penampilan Franky Sahilatua yang membawakan beberapa buah lagu. Tak lama kemudian Emil Salim dipersilakan naik panggung.

Emil Salim memulai pidatonya dengan mencoba menjelaskan perubahan iklim dengan mengggunakan analogi pesawat terbang yang hampir jatuh sehingga penumpang perlu menyelamatkan diri.“Terjadinya perubahan iklim ini ibarat kita naik kapal terbang, nah saat ini kapal terbangnya nyaris jatuh maka semua penumpangnya harus menyelamatkan diri, tak perduli penumpang kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif,” ujar Emil Salim.

Menurut mantan Menteri Lingkungan Hidup ini, pencegahan pemanasan global harus dilakukan secara bersama-sama antara negara maju dan negara …