Awas Spyware di Facebook


Jakarta - Berhati-hatilah saat akan menginstal aplikasi baru di Facebook. Sebuah aplikasi di situs jejaring sosial itu diketahui mengandung adware.Adalah 'Secret Crush', aplikasi yang diketahui mengandung download sebuah program adware Zango yang secara otomatis akan mengirimkan dirinya ke lima orang teman Anda di Facebook. Adware adalah salah satu jenis spyware yang mengganggu komputer lewat iklan pop-up, membajak homepage pengguna serta menginstal bookmark.

Perusahaan keamanan Fortinet mengatakan program tersebut telah menginfeksi 3 persen pengguna Facebook, atau lebih dari satu juta pengguna. Facebook sendiri saat ini tercatat memiliki 49 juta pengguna di seluruh dunia.

"Orang-orang saat ini tengah mengembangkan 'platform applications' Facebook untuk mencari keuntungan, tidak hanya sekadar mencari kesenangan. Namun bukan berarti semua widget merupakan program jahat," tandas Guillaume Lovet, Manajer European Threat Response Team Fortinet.

Lovet menilai cara tersebut merupakan cara 'terhalus' untuk men-generate keuntungan di Facebook, namun pengguna harus jeli dan waspada agar terhindar dari ancaman. Lovet mewanti-wanti bahwa situs jejaring sosial Facebook dengan cepat bisa menjadi tempat yang berbahaya, dan pengguna yang tidak waspada atau menggunakan browser yang tidak di-patch berpeluang terkena ancaman.

Vnunet yang dikutip detikINET, Jumat (4/1/2008) melansir, adware tersebut sudah menyebar dengan cepat karena banyak pengguna Facebook yang tertarik menginstal aplikasi baru di Facebook. ( dwn/dwn detikinet )
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: