Langsung ke konten utama

"Blogger" Tewas di Medan Perang

Sekali lagi, jangan anggap enteng blogger! Pekan lalu, seorang blogger mati terhormat di medan tempur Irak. Dia adalah Mayor Andrew Olmsted yang menulis berita terakhirnya, Final Post, untuk Rocky Mountain News (RMN).

Sang Mayor tewas bersama tentara Amerika Serikat lainnya oleh sebuah serangan mematikan para gerilyawan di Sadiyah, Irak. Demikian diungkapkan pihak militer, seperti dikutip kantor berita AP, Kamis pekan lalu.

Uniknya dalam Final Post, Olmsted yang telah mulai menulis untuk RMN sejak 21 Mei 2007 itu bercerita tentang kematiannya. Ia meminta kepada teman-temannya agar memuat tulisan itu di blog miliknya, www.andrewolmsted.com, jika ia mati di medan perang Irak.

Dalam tulisan itu, Olmsted (37) mengingatkan agar tidak berargumen tentang kematiannya atau berargumen menentang perang. "Hidup saya bukanlah catatan untuk digunakan sebagai penggada bagi orang-orang agar diam," Olmsted menulis.

"Saya punya pandangan sendiri mengenai apa yang harus saya lakukan mengenai Irak. Akan tetapi, sejak saya bertekad untuk tidak menceritakannya secara rinci, saya lebih suka orang lain tidak mencoba dan menggunakan saya sebagai sejenis ’modal moral’ untuk mendukung sebuah posisi di mana saya tidak mungkin mendukungnya," tulis Olmsted lagi.

Ia juga mengutip ucapan filsuf besar Plato dengan mengatakan, "hanya orang mati yang dapat melihat akhir sebuah perang". "Beritanya sangat mengena," komentar editor RMN, John Temple.

Departemen Pertahanan AS mengungkapkan, Olmsted dan tentara lainnya yang turut terbunuh, yakni Kapten Thomas J Casey (32), ditugaskan sebagai tim transisi militer pada brigade pertama, First Infantry Division Fort Riley, Kansas. Olmsted tewas meninggalkan istri dan seorang putrinya yang berusia 10 tahun. (PEP/Kompas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…