Langsung ke konten utama

BKSDA Sultra Amankan Burung Bersayap Dua Meter

Kendari, Greenpress- Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengamankan seekor satwa langka burung Pelican Australian (Pelecanus Conspiciccanus) atau Undan Kacamata (sebutan dalam bahasa Indonesia) dari tangan seorang nelayan.


Kepala BKSDA Sultra Fred Kurung di Kendari, Minggu, mengatakan, Undan Kacamata yang lebar sayapnya sekitar dua meter dapat terbang melintas antarnegara.

Pelican Australian yang beratnya mencapai 15 kilogram ditemukan nelayan diperairan bagian timur Indonesia yang berbatasan dengan Australia.

"Yang jelas Pelican Australian adalah burung yang habitatnya di laut tetapi kami bingung mau lepaskan dimana karena diperairan Sultra tidak ada burung seperti ini," kata Fred Kurung seperti dikutip Antara.

Dua alternatif bagi burung Pelican Australian, yakni dikembalikan ke habitatnya --dilaut-- atau diserahkan ke Lembaga Konservasi yang profesional mengurus satwa liar, antara lain, Taman Safari di Jakarta.

Pelican Australia diserahkan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Daerah (Bapedalda) Sultra, Ilham Latif.

Data dari Buku tentang Jenis Burung bahwa Pelican Australian yang bulunya berwarna dominan putih dan sedikit warnah hitam sebarannya di jazirah Wallacea (Sulawesi, Kepulauan Banggai, Halmahera, Seram, Ambon, Kepulauan Banda, NTB dan perairan perbatasan Indonesia-Australia).

Pelican Australian yang tingginya sekitar 90 Cm setiap hari mengkomsumsi ikan hidup sekitar 3 Kg.

"Sulit mengurus burung Pelican Australian karena harus disuguhi ikan hidup," kata pegawai BKSDA Sultra, Sahid.(Antara/WAN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.