Langsung ke konten utama

Kabut Asap Sampai Kota Jambi

Jambi - Kabut asap dari kebakaran hutan di Provinsi Riau sejak Sabtu sudah menjangkau Kota Jambi, meski dilaporkan belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Saifudin.


Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Provinsi Jambi, Remus L Tobing, dimintai keterangannya pada Minggu pagi mengatakan, kabut asap yang terjadi Sabtu (23/2) memang berasal dari kebakaran hutan di Riau, namun yang terjadi Minggu adalah kabut yang muncul secara alami karena perubahan cuaca.

Kabut yang terjadi Minggu pagi sejak pukul 06.00 WIB, katanya, merupakan kabut radiasi yang ditimbulkan akibat pemanasan yang tinggi disertai hujan sehingga menimbulkan kumpulan uap.

Akibat kabut itu jarak pandang manusia menjadi terbatas hanya 200 meter, namun kabut akan berangsur hilang diterpa sinar matahari.

Dikhawatirkan bila di provinsi tetangga Riau tidak turun hujan maka kabut asap akibat pembakaran lahan itu akan kembali muncul di Jambi terbawa angin.

Kabut asap akibat pembakaran lahan itu akan lama hilang bila tidak ada hujan, selain itu juga dapat mengganggu kesehatan.

Kendati dua hari terakhir Kota Jambi diselimuti kabut asap, namun belum mengganggu pendaratan pesawat, karena jarak pandang antara pilot dengan landasan masih diatas 2.000 meter, jarak minimal yang diperlukan untuk pendaratan.(Ant)
COPYRIGHT © 2008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.