FSPBI Demo di Kantor PT Inco Makassar

Makassar.Greenpress. Dewan Pimpinan Nasional Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia (DPN-FSPBI),Senin (17/3), melakukan aksi unjuk rasa dengan mendatangi kantor perwakilan perusahaan tambang nikel tersebut, yang terletak di Jalan Penghibur, Pantai Losari, Makassar.

Mereka melakukan orasi dan menuntut agar pihak perusahaan tidak semena-mena terhadap pekerjanya. DPN FSPBI juga mengimbau kepada PT Inco untuk eksploitasi alam.

Korlap FSPBI, Syamri Syamsul menganggap, para pekerja PT. Inco. Tbk tak ubahnya budak yang dipaksakan , dengan mengeruk dan menguras sumber daya alam dan manusia yang ada. Sehingga para pekerja diperusahaan ini mudah terdepak tanpa ada pertimbangan. Seperti halnya yang dirasakan Jufri Tosalili yang diperlakukan tidak adil dari pihak perusahaan.

“Pekerja ini sudah bekerja selama lima tahun di perusahaan tersebut. Dengan keringat, bahkan air mata telah membesarkan perusahaan namun harus rela diperlakukan tragis, dengan klaim perusahaan yang merugi,” ucap Syamri, sembari bergantian melakukan orasi dan disertai aksi teatrikal yang menceritakan penderitaan buruh di lingkup PT. Inco.Tbk,dikutip dari Celebesnews.


Hal itupun dianggap para demonstran sebagai bukti jika perusahaan tambang itu tak memperlihatkan kepedulian pada buruh yang mengadu nasib dan membesarkan perusahaan tersebut.


Ditambahkan, selain menjadikan pekerja mereka sebagai tumbal ambisi, perusahaan ternama yang terletak di kawasan Kabupaten Luwuk Timur, juga dituding sebagai biang kerok perusak alam akibat dari eksploitasi alam yang dilakukan yang tidak pernah berhenti dilakukan, tanpa memberi kontribusi yang sewajarnya terhadap daerah dan negeri ini.


Dalam pernyataan sikapnya FSPBI meminta agar manajemen PT Inco segera mempekerjakan kembali dan merehabilitasi nama baik Jufri Tosalili, menghentikan segala tindakan yang sangat merugikan pihak buruh dan masyarakat yang ada di sekitar tambang PT Inco Tbk, serta menghentikan eksploitasi alam.


Dalam aksinya, para demonstran melakukan pelemparan telur dan tomat busuk sebagai tanda rasa kekecewaan DPN-FSPBI terhadap prilaku PT Inco Tbk terhadap pekerjanya dan sebagai perusak alam.(Zul/Andi Ahmad/WAN)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: