Langsung ke konten utama

FSPBI Demo di Kantor PT Inco Makassar

Makassar.Greenpress. Dewan Pimpinan Nasional Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia (DPN-FSPBI),Senin (17/3), melakukan aksi unjuk rasa dengan mendatangi kantor perwakilan perusahaan tambang nikel tersebut, yang terletak di Jalan Penghibur, Pantai Losari, Makassar.

Mereka melakukan orasi dan menuntut agar pihak perusahaan tidak semena-mena terhadap pekerjanya. DPN FSPBI juga mengimbau kepada PT Inco untuk eksploitasi alam.

Korlap FSPBI, Syamri Syamsul menganggap, para pekerja PT. Inco. Tbk tak ubahnya budak yang dipaksakan , dengan mengeruk dan menguras sumber daya alam dan manusia yang ada. Sehingga para pekerja diperusahaan ini mudah terdepak tanpa ada pertimbangan. Seperti halnya yang dirasakan Jufri Tosalili yang diperlakukan tidak adil dari pihak perusahaan.

“Pekerja ini sudah bekerja selama lima tahun di perusahaan tersebut. Dengan keringat, bahkan air mata telah membesarkan perusahaan namun harus rela diperlakukan tragis, dengan klaim perusahaan yang merugi,” ucap Syamri, sembari bergantian melakukan orasi dan disertai aksi teatrikal yang menceritakan penderitaan buruh di lingkup PT. Inco.Tbk,dikutip dari Celebesnews.


Hal itupun dianggap para demonstran sebagai bukti jika perusahaan tambang itu tak memperlihatkan kepedulian pada buruh yang mengadu nasib dan membesarkan perusahaan tersebut.


Ditambahkan, selain menjadikan pekerja mereka sebagai tumbal ambisi, perusahaan ternama yang terletak di kawasan Kabupaten Luwuk Timur, juga dituding sebagai biang kerok perusak alam akibat dari eksploitasi alam yang dilakukan yang tidak pernah berhenti dilakukan, tanpa memberi kontribusi yang sewajarnya terhadap daerah dan negeri ini.


Dalam pernyataan sikapnya FSPBI meminta agar manajemen PT Inco segera mempekerjakan kembali dan merehabilitasi nama baik Jufri Tosalili, menghentikan segala tindakan yang sangat merugikan pihak buruh dan masyarakat yang ada di sekitar tambang PT Inco Tbk, serta menghentikan eksploitasi alam.


Dalam aksinya, para demonstran melakukan pelemparan telur dan tomat busuk sebagai tanda rasa kekecewaan DPN-FSPBI terhadap prilaku PT Inco Tbk terhadap pekerjanya dan sebagai perusak alam.(Zul/Andi Ahmad/WAN)

Komentar

Pos populer dari blog ini

ACARA GREEN FESTIVAL 2008

Jalan Masuk

Acara Green Festival 2008 sendiri akan mengambil tempat di Parkir Timur Senayan. Dari layout gambar yang dirilis panitia, pintu masuk Greenfest berada di sisi utara Parkir Timur Senayan, sedangkan panggung utama berada di ujung selatannya (membelakangi jalan raya Sudirman).


Untuk mempermudah akses masuk ke Green Festival, Anda disarankan masuk ke komplek Senayan melalui Century Atlit (Jl Pintu 1) atau TVRI (Jl Gerbang Pemuda) untuk selanjutnya langsung menuju Parkir Timur Senayan.

Pentas Musik
- T ai ko Jepang (alat tabuh): Jumat 16.10
- Choir Kid Purwacaraka: Jumat 16.25
- Capoeira: Jumat 19.05
- Nugie: Jumat 20.10
- Letto: Jumat 20.45
- SD Citra Indonesia : Sabtu 10.30
- Dwiki & The Next Gen: Sabtu 13.25
- SD & SMA Harapan Bangsa: Sabtu 14.25
- Nabila & Smart: Sabtu 15.45
- Ulli Sigar Rusady & Super Bintang: Sabtu 19.05
- Maliq & d'Essentials: Sabtu 19.25
- Marcell: Sabtu 20.15
- Ta ta loe: Minggu 10.30 & 17.00
- Bina Vokalia: Minggu 1…

Mencumbu Wisata Air Terjun Moramo

Pepohonan rimbun tumbuh subur disepanjang jalan. Sebagain telah berumur dan berukuran besar.  Batu dan pohon-pohon berbalur lumut begitu mudah dijumpai.

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …