Langsung ke konten utama

Green Festival, 5 Perusahaan Gelar Edukasi Pemanasan Global

Jakarta,- Lima perusahaan besar akan menggelar festivaledukasi tentang pemanasan global yang terkait dengan keseharian warga kota. Festival bertajuk Green Festival tersebut akan diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, pada 18-20 April 2008.

Kelima perusahaan tersebut adalah Pertamina, PT Unilever Indonesia Tbk, MetroTV, radio FeMale, dan harian Kompas. ”Kami berkolaborasi karena kami merasa bertanggung jawab secara moral untuk turut membantu soal lingkungan,” kata Ketua Panitia Green Festival General Manager Public Relations Kompas Gramedia Nugroho Ferry Yudho dalam jumpa pers, Rabu (16/4) di Jakarta.

”Kali ini kami ingin menyentuh langsung masyarakat, bukan berwacana,” ujar Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Taufik H Mihardja. Dalam acara tersebut masyarakat akan diberi sajian informasi mengenai apa itu pemanasan global dan apa yang bisa mereka lakukan di lingkungan sehari-hari, mulai hari ini juga.

Human Resources and Corporate Director PT Unilever Indonesia Tbk Josef Bataona menegaskan, pihaknya tertarik berkolaborasi kali ini karena selama ini memang Unilever sudah memiliki berbagai macam kegiatan edukasi lingkungan.

Kegiatan ini pun, tegas Chief of Marketing Officer Masima Contents and Channels Hanny Soema Di Praja, sejalan dengan moto radio FeMale, ”to make a better world” (membuat dunia yang lebih baik).

Menurut Vice President Communications Pertamina Wisnuntoro, pihaknya tertarik bekerja sama karena memang sejalan dengan berbagai kegiatan lingkungan yang telah dilakukan Pertamina. ”Sekarang sudah banyak masalah. Apa yang terjadi ini adalah PR kita, PR audiens kita, bukan hanya PR pemerintah,” ujar General Manager Marketing MetroTV Desi Anwar.

Kelima penyelenggara yang menamakan diri Green Initiative Forum juga mengemukakan bahwa persoalan berperilaku lebih ramah lingkungan merupakan pilihan, masih banyak tantangannya, dan sebenarnya tidak harus diartikan sebagai ”menyiksa diri”. Yang penting adalah menggunakan sumber daya secara efisien.

Tentang acara yang akan digelar di Green Festival, dijelaskan bahwa informasi tentang pemanasan global akan dibawakan dengan cara yg menghibur. Selain itu akan ditampilkan hiburan musik dengan White Shoes and the Couples Company, Nugie, kelompok musik anak Purwacaraka, Binus, kelompok musik Bina Vokalia, Maliq & d’essentials, Marcel, dan Letto. Selain itu, bagi anak-anak, mereka akan menemukan tempat bermain yang bertemakan lingkungan. (ISW/Kompas)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Otto Soemarwoto, Guru Besar Pro Lingkungan & NKRI

Guru besar emeritus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, ini seorang tokoh yang pro lingkungan hidup dan pro Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Doktor dalam Plant Physiology, Universitas California, Berkeley, AS, kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 19 Februari 1926, ini mengatakan setiap proyek harus bertujuan untuk memperkuat NKRI dan lingkungan hidup.


Prof Dr Otto Soemarwoto yang dikenal rendah hati dan sederhana, itu mengatakan selama ini banyak kegiatan pembangunan yang mengabaikannya. Dia memberi contoh, pembangunan transportasi yang lebih banyak diarahkan pada transportasi darat. Padahal Indonesia adalah negara kelautan. Akibatnya, laut belum menjadi penghubung, melainkan pemisah.

Menurut suami dari Idjah Natadipraja MA dan ayah dari Gatot Soemarwoto, Rini Soemarwoto dan Bambang Soemarwoto, itu pembangunan juga masih bersifat Jawa-sentris sehingga menimbulkan iri hati dan berujung kehendak untuk memisahkan diri. Menurutnya, sekitar 80 persen pembangunan jalan tol ada di…