Langsung ke konten utama

Pejabat PBB Sebut Bahan Bakar Nabati "Kejahatan Atas Kemanusiaan"

Berlin- Produksi besar-besaran bahan bakar nabati adalah "kejahatan terhadap kemanusiaan", karena berdampak pada persediaan makanan global, kata pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada radio Jerman, Senin, layaknya dikutip AFP.

"Pembuatan bahan bakar nabati saat ini adalah kejahatan atas kemanusiaan," kata pelapor khusus PBB untuk hak atas makanan, Jean Ziegler, kepada radio Bayerischer Runfunk.

Dengan mengalih-gunakan lahan, yang dapat ditanami untuk bahan makanan, menjadi lahan tanaman bahan bakar nabati, jumlah lahan untuk menanam bahan pangan akan berkurang, kata pengamat memperingatkan.

Ziegler menyeru Dana Moneter Internasional (IMF) mengubah kebijakannya dalam subsidi pertanian dan berhenti hanya mendukung program bertujuan mengurangi utang.

Pertanian juga harus disubsidi di wilayahnya memastikan kelangsungan hidup penduduk setempat, katanya.

Ziegler juga menuduh Uni Eropa (UE) melakukan "dumping" (menjual produknya di luar negeri lebih murah daripada di dalam negeri) atas hasil tani di Afrika.

"Uni Eropa mendanai ekspor hasil taninya, yang berlebih, ke Afrika, tempat mereka menawarkan harga setengah atau sepertiga dari harga produksi mereka," katanya.

"Hal itu sepenuhnya menghancurkan pertanian Afrika," katanya.

"Sebagai tambahan, spekulasi pasar internasional terhadap mata dagangan pangan harus dihentikan," kata Ziegler.

Dalam wawancara dengan harian tengah-kiri Prancis, "Liberation", dia memperingatkan bahwa dunia menuju "masa kerusuhan, yang sangat panjang", dan sejumlah sengketa lain, yang dipicu kekurangan bahan pangan dan kenaikan harga.

Dalam beberapa bulan terahir, kenaikan harga bahan pangan telah memicu unjukrasa diwarnai kekerasan di sejumlah negara, seperti, Kamerun, Mesir, Etiopia, Haiti, Indonesia, Pantai Gading, Madagaskar, Mauritania, dan Pilipina.

Di Pakistan dan Thailand, tentara ditempatkan untuk mencegah penjarahan makanan dari ladang dan gudang, ketika harga bahan pangan membubung tinggi memicu pemogokan di Burkina Faso. (AP/Antara)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.