Campaign Pelangi: A Call for Climate



Ketgam : Brigita Koswara, jurnalis Kompas yang aktif menulis berita/artikel mengenai perubahan iklim di Harian Kompas yang juga ikut berpartisipasi dalam survey interaktif melalui foto digelar Pelangi.

Berbagai cara bisa kita dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim, salah satunya dengan berbagi cerita tentang perubahan iklim ke orang lain, misalnya jika Anda seorang jurnalis menulislah berita atau artikel tentang pemanasan global di media tempat Anda bekerja.

Demikian halnya profesi lainnya, seperti yang dilakukan para aktifis lingkungan yang bergabung dalam Yayasan Pelangi yang memanfaatkan moment acara Green Festival yang diselenggarakan di Parkir Timur Senayan Jakarta pada 18-20 April 2008 lalu, mengajak para pengunjung untuk mengambil bagian dalam kampanye perubahan iklim.

Mereka melakukan riset interaktif sederhana dengan menggunakan medium foto tentang tindakan nyata yang menjadi favorit masyarakat dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Hasil riset itu rencana akan diteruskan ke pembuat kebijakan, sehingga akan memfasilitasinya melalui kebijkan yang akan dibuat.

Campaign Pelangi menyediakan 9 tag bertuliskan tindakan nyata yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di Jakarta. Setiap orang yang lewat, diajak untuk ikut ‘berkampanye’dan berfoto dengan salah satu tag dari sembilan tag yang disediakan. “Dari foto-foto ini, didapat hasil jumlah aktifitas yang paling mudah untuk dilakukan orang untuk berkontribusi dalam mengurangi dampak perubahan iklimm,”kata salah seorang aktifis Pelangi.

Dari 652 suara yang terkumpul, dari sekian tips sederhana, ternyata mengurangi sampah adalah yang paling banyak diminati publik dengan perolehan sebanyak 120 suara. Berikut detil hasilnya:
1. Kurangi sampah, 120 suara
2. Naik sepeda/jalan untuk jarak dekat, 118 suara
3. Hemat air, 81 suara
4. Ceritakan perubahan iklim ke orang lain, 78 suara
5. Hemat kertas, 70 suara
6. Naik bis untuk jarak jauh, 54 suara
7. Pilih produk lokal, 50 suara
8. Ganti lampu dengan yang hemat energi, 48 suara
9. Gunakan alat elektronik hemat listrik, 33 suara
(Marwan Azis)
Sumber Data dan Foto : Yayasan Pelangi
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: