Langsung ke konten utama

Green Press Akan Ciptakan Hutan Kota di Gowa

Gowa,Greenpress - Rencana Green Press Sulawesi Selatan untuk melakukan kegiatan menciptakan hutan kota yang di laksanakan di Kabupaten Gowa mendapat sambutan yang positif dari KLH Gowa dan Dinas Kehutanan Gowa. Kegiatan tersebut di maksudkan untuk mengantisipasi laju pembangunan perluasan kota dan populasi penduduk yang berpotensi mengurangi daerah resapan dan wilayah hijau di perkotaan.

Ekses dari pembangunan perkotaan yang berupa bertambahnya daerah pemukiman serta tempat usaha berupa ruko akan membawa dampak lingkungan yang sangat besar seperti yang lazim terjadi di kota-kota lainnya.Bahaya banjir yang di akibatkan oleh kurang berfungsinya saluran-saluran pembuangan dalam kota serta tertutupnya daerah resapan yang di akibatkan sistem ubinisasi akan menjadi musibah tahunan yang akan di hadapi di saat musim penghujan.

Menurut Kepala Kantor KLH Gowa Dr.Ir.Hasan Hasyim,M.Si,bahwa apabila pemerintah daerah tidak segera memikirkan areal untuk hutan kota yang di padu menjadi hutan pendidikan,maka akan di temui kendala areal yang akan di advokasi sebagai lahan hutan kota ,karena telah menjadi perumahan atau sarana publik lainnya.

Dalam peninjauan Dr.Hasan yang di dampingi Green Press Gowa di kawasan Danau Mawang hingga ke daerah rencana jalur lingkar Mamminasata Kecamatan Bontomarannu menunjukan bahwa kawasan tersebut sangat berpotensi sebagai hutan kota yang dapat di peruntukkan sebagai kawasan hijau hutan pendidikan,yang secara Topografis berada di daerah dataran rendah.

Kadis Kehutanan Gowa melalui salah seorang staaf nya Mudjiono,mengungkapkan bahwa eksistensi hutan kota di dalam satu wilayah adalah hal yang patut di laksanakan mengingat bahwa hutan kota dapat berfungsi untuk meredam kenaikan suhu udara dan dapat menjadi filter bagi polusi kota yang padat yang banyak di produksi oleh Emisi kendaraan dan limbah asap industri,dan di harapkan pemerintah segera melakukan penyediaan lahan untuk lokasi tersebut dan bahkan bila perlu melakukan pembebasan lahan yang anggarannya dapat di bantu melalui kompensasi pembayaran emisi dari rumah-rumah yang menutup pekarangannya dengan ubin dan tidak menyediakan tempat bagi penanaman pohon.

Dari perjalan ke kawasan Maminasata Dr.Hasan berharap Green Press dapat ikut serta dalam menciptakan kawasan hijau di Kabupaten Gowa.(Syamsuryadi Naba/Andi Ahmad)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Kenapa Masih Menjadi Aktivis dan Kenapa Masih Bekerja di NGO

Oleh : Jack Rimbawan

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya untuk sukses dalam bekerja di mana kategori sukses menurut orangtua adalah menjadi PNS atau pegawai kantoran. Bahkan, yang bapaknya tentara pasti ingin putranya jadi penerus untuk jadi tentara. Namun pernahkah ada orangtua yang menyarankan anak atau menantunya untuk bekerja menjadi aktivis, atau menjadi sang demonstran?

Kata aktivis dalam penyerapan Bahasa Indonesia adalah seorang yang aktif dalam berkegiatan atau orang yang dalam kehidupannya total memperjuangkan tujuan atau cita-citanya.

Sejarah Pergerakan Bangsa dan Aktivitas

Bila kita masih dapat mengingat pelajaran sejarah dari zaman masih duduk di bangku sekolah sampai kuliah, maka kita tak bisa pungkiri bahwa kemerdekaan bangsa ini karena adanya aktivis-aktivis yang lahir dari para pemuda Bangsa Indoneisa. Di jaman sebelum kemerdekaan atau tepatnya jaman era kebangkitan bangsa para pemuda di Indonesia menyatakan satu visi, satu ideologi dalam sebuah kesamaan, yaitu sam…