Langsung ke konten utama

Nuklir Masuk Kurikulum SMA

Jakarta,- Teknologi nuklir kini akan diaplikasikan di berbagai sektor. Namun, hal ini belum banyak diketahui masyarakat. Untuk menyosialisasikan nuklir kepada generasi muda, Badan Tenaga Nuklir Nasional bersama Departemen Pendidikan Nasional menyusun kurikulum bermuatan pengetahuan nuklir.

"Dengan adanya penguasaan pengetahuan tentang nuklir oleh generasi muda sejak dini, di kemudian hari mereka akan dapat arif dan bijaksana dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi itu," ujar Taswanda Taryo, Deputi Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir Batan, di Jakarta, Jumat (2/5).

Dalam penyusunan kurikulum tersebut, ujar Eko Madi, Kepala Subbidang Diseminasi Iptek Nuklir Energi, akan dibentuk tim yang terdiri atas para pakar dari Batan dan Depdiknas. Tim ini akan membahas materi akademis, kurikulum, dan pengambilan keputusan.

Menurut Eko yang juga penanggung jawab program penyusunan kurikulum, materi tentang nuklir masuk pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. Nantinya, pada pelajaran Fisika antara lain akan diajarkan tentang teknologi reaktor nuklir, perunutan dan memperpendek usia limbah bahan radioaktif.

Pada pelajaran Biologi akan diajarkan efek radiasi bagi kesehatan, mutasi gen, dan pengawetan makanan dengan teknik iradiasi (penyinaran) . Pada bidang Kimia di antaranya akan diajarkan pengetahuan tentang vulkanisasi lateks untuk menguatkan bahan karet.

Pada tahun 2009 penyusunan kurikulum tersebut ditargetkan telah menghasilkan draf untuk masuk kurikulum pendidikan SMA tingkat nasional.

Lokakarya guru

Sosialisasi pengetahuan nuklir, lanjut Eko, sebenarnya telah dirintis sejak tahun 2005 dengan menyelenggarakan lokakarya bagi guru SMA di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Kudus, dan Jepara.

Lokakarya ini meliputi pemahaman teori dan praktik. "Mereka diajarkan pula cara menghitung aktivitas radiasi dan upaya penyelamatan terhadap bahan radioaktif," ujar Eko.

Bantuan Batan

Edukasi publik lewat pendidikan pada akhir April lalu juga dilakukan Batan di 14 SMA di Jepara. Sasaran program orientasi itu adalah para guru dan siswa.

Di tiga daerah di Jepara, ungkap Eko, akan dibangun Pusat Informasi Edukasi Nuklir dilengkapi dengan laboratorium edukasi. Peralatan untuk laboratorium ini akan diberikan Batan sebagai hibah.

Dalam laboratorium itu antara lain akan diajarkan pengenalan sumber radiasi, alat keselamatan kerja terhadap radiasi, pengukuran aktivitas radiasi, dekontaminasi, dan pencarian sumber radioaktif di lokasi tertentu.

Pengetahuan dan pelatihan tentang nuklir ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa dan LSM.

Di luar sektor pendidikan, sosialisasi aplikasi nuklir juga dilakukan dengan memberi bantuan secara gratis benih padi dan pakan ternak hasil iradiasi kepada petani. (YUN/Kompas)

Komentar

Anonim mengatakan…
Kapan ya pendidikan lingkungan hidup jadi bagian dari pendidikan nasional? Kenapa lebih dulu soal nuklir ya yg diangkat? hiks.. :((

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Otto Soemarwoto, Guru Besar Pro Lingkungan & NKRI

Guru besar emeritus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, ini seorang tokoh yang pro lingkungan hidup dan pro Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Doktor dalam Plant Physiology, Universitas California, Berkeley, AS, kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 19 Februari 1926, ini mengatakan setiap proyek harus bertujuan untuk memperkuat NKRI dan lingkungan hidup.


Prof Dr Otto Soemarwoto yang dikenal rendah hati dan sederhana, itu mengatakan selama ini banyak kegiatan pembangunan yang mengabaikannya. Dia memberi contoh, pembangunan transportasi yang lebih banyak diarahkan pada transportasi darat. Padahal Indonesia adalah negara kelautan. Akibatnya, laut belum menjadi penghubung, melainkan pemisah.

Menurut suami dari Idjah Natadipraja MA dan ayah dari Gatot Soemarwoto, Rini Soemarwoto dan Bambang Soemarwoto, itu pembangunan juga masih bersifat Jawa-sentris sehingga menimbulkan iri hati dan berujung kehendak untuk memisahkan diri. Menurutnya, sekitar 80 persen pembangunan jalan tol ada di…