Langsung ke konten utama

Soal Amdal Karebosi, WALHI Tolak Berikan Data Analisis Dalam Persidangan


Makassar,Greenpress - Sidang gugatan citizen law suit (gugatan warga negara) atas revitalisai lapangan Karebosi, kembali digelar Kamis (15/5) kemarin di PN Makassar.

Dalam sidang kemarin, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Muhammad Taufik dihadirkan sebagai saksi. Dalam keterangannya dia menegaskan, WALHI sebagai salah satu lembaga yang dimintai memberikan data analisis tentang dampak lingkungan dari revitalisasi Karebosi sejak awal sudah melakukan penolakan. Penolakan itu dilakukan lantaran prosedurnya tidak sesuai dengan mekanisme.
''Untuk membahas Amdal Karebosi, kami hanya diberikan waktu tiga hari. Padahal dalam PP No 27 tentang Lingkungan Hidup, tenggang waktu yang diberikan selama 90 hari sebelum memasukkan analisis lingkungan ke pemerintah. Jadi mekanisme awalnya saja sudah salah, makanya kami menolak memberikan data analisis itu,''ungkapnya di depan majelis hakim yang dipimpin Ohan Burhanuddin SH.

Kejanggalan lain dalam proyek revitalisasi terkait masalah Amdal juga diungkapkan oleh Taufik. ''Proyek revitalisasi lapangan Karebosi sudah mulai dikerja sejak November 2007, sementara pembahasan amdalnya baru dilakukan bulan Desember 2007.Inikan aneh dan baru kali ini terjadi,''ungkapnya serius.

Masih keterangan Taufik,memang dalam aturan, tidak mesti WALHI memberi masukan mengenai analisis Amdal. Tapi peran serta masyarakat dan lembaga lingkungan hidup juga perlu diminta saran.''Sudah ada tim amdal yang bekerja pada revitalisasi Karebosi, kami (WALHI) hanya diundang sebagai peserta saja,''katanya.

Ditanya mengenai penolakannya, Taufik mengatakan, penolakan itu dilakukan secara lisan, tapi hal itu pernah diungkapkannya ke publik melalui media.Usai mendengar keterangan saksi, majelis hakim akan melanjutkan sidang kasus ini pekan depan dengan agenda kesimpulan dari penggugat dan tergugat (Andi Ahmad).

Komentar

Pos populer dari blog ini

ACARA GREEN FESTIVAL 2008

Jalan Masuk

Acara Green Festival 2008 sendiri akan mengambil tempat di Parkir Timur Senayan. Dari layout gambar yang dirilis panitia, pintu masuk Greenfest berada di sisi utara Parkir Timur Senayan, sedangkan panggung utama berada di ujung selatannya (membelakangi jalan raya Sudirman).


Untuk mempermudah akses masuk ke Green Festival, Anda disarankan masuk ke komplek Senayan melalui Century Atlit (Jl Pintu 1) atau TVRI (Jl Gerbang Pemuda) untuk selanjutnya langsung menuju Parkir Timur Senayan.

Pentas Musik
- T ai ko Jepang (alat tabuh): Jumat 16.10
- Choir Kid Purwacaraka: Jumat 16.25
- Capoeira: Jumat 19.05
- Nugie: Jumat 20.10
- Letto: Jumat 20.45
- SD Citra Indonesia : Sabtu 10.30
- Dwiki & The Next Gen: Sabtu 13.25
- SD & SMA Harapan Bangsa: Sabtu 14.25
- Nabila & Smart: Sabtu 15.45
- Ulli Sigar Rusady & Super Bintang: Sabtu 19.05
- Maliq & d'Essentials: Sabtu 19.25
- Marcell: Sabtu 20.15
- Ta ta loe: Minggu 10.30 & 17.00
- Bina Vokalia: Minggu 1…

Mencumbu Wisata Air Terjun Moramo

Pepohonan rimbun tumbuh subur disepanjang jalan. Sebagain telah berumur dan berukuran besar.  Batu dan pohon-pohon berbalur lumut begitu mudah dijumpai.

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …