Langsung ke konten utama

Ditpolair Polda Sulselbar Amankan Sembilan Kubik Kayu Eboni

Tumpukan Kayu Ebony yang disita Ditpolair Polda Sulselbar

Pinrang, Greenpress- Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda
Sulselbar menyita sebanyak 181 batang atau sembilan kubik kayu
eboni di Sungai Sampaga, Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, awal pekan ini.
Kayu tidak berdokumen resmi tersebut selanjutnya diamankan di markas polairut di Kecamatan Cuppa, Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Hal itu dikemukakan Kepala Seksi Pembinaan Penegakan Hukum (Kasi Bin Gakkum) Ditpolair Polda Sulselbar, Kompol Takdir, di Pinrang baru-baru ini.

Mereka melakukan operasi setelah mendapat laporan warga yang menemukan banyak kayu eboni di muara Sungai Sampaga.

"Barang bukti itu kami temukan di sekitar muara Sungai Sampaga, Mamuju. Kami juga menemukan di dasar sungai," jelas Takdir.

Dikatakan, harga sembilan kubik kayu itu diperkirakan mencapai Rp 81 juta.

"Setelah diperiksa, kayu itu akan kami lelang seperti kayu sitaan sebelumnya. Kami masih melakukan penyelidikan untuk mencari pemilik kayu," lanjutnya.

Kepala Seksi Perencanaan Operasi (Kasi Ren Ops) Ditpolair Polda Sulselbar, AKP Andi Yoseph Enoch, menambahkan, pihak polairut juga menyita kayu meranti sebanyak 73 kubik di perairan Pinrang, beberapa waktu lalu.

Kayu itu telah dilelang. "Dari hasil lelang, kami berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp124 juta yang akan diserahkan ke kas negara," jelasnya.(Andi.A.Effendy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.