Langsung ke konten utama

Perubahan Iklim Didanai Bank Dunia dan Pihak Asing

Jakarta - Bank Dunia dan pihak asing berkomitmen memberikan dana bagi suksesnya program mengatasi perubahan iklim yang diketuai Indonesia sesuai dengan "Bali Road Map".
"Dalam acara G-8 yang diadakan di Jepang kita bertemu dengan Direktur Bank Dunia, dan mereka mengapresiasi usaha Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim. Mereka dan pihak lainnya berkomitmen untuk membantu pendanaan dari program tersebut," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, di Jakarta.

Menurut Mari, Bank Dunia mengapresiasi mengenai program perubahan iklim. Dan dari berbagai pihak termasuk Bank Dunia menawarkan dana dalam rangka mengatasi perubahan iklim.

Dia mengatakan pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa telah memiliki program dengan Australia dengan istilah "partnership for carbon in forestry".

Langkah ini, menurut dia, disambut baik oleh beberapa negara dimana program ini dapat ditingkatkan cakupannya.

Termasuk Bank Dunia mempunyai dana untuk investasi dengan hal yang berkaitan dengan perubahan iklim, ujar dia.

"Ini bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan dana-dana ini untuk kepentingan kita," katanya.(Ant)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.