Langsung ke konten utama

1000 Dokter Hewan Dunia Bertemu di Bogor

Bogor- Sekitar 1.000 dokter hewan dari dalam dan luar negeri bertemu di Bogor, Jawa Barat, untuk konferensi antarbangsa mengenai kesehatan hewan dan konservasi yang berlangsung tiga hari, 19 sampai 21 Agustus.

Konferensi itu akan diisi dengan dua kegiatan utama yakni Konferensi Ilmiah Veteriner Nasional X oleh PDHI, dan International Meeting on Asian Zoo/Wildlife Medicine and Conservation, kata Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), drh Wiwiek Bagja, Selasa.

Kegiatan di IPB International Convention Center (ICC) ini terselenggara atas kerjasama PDHI dengan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB).

Tema pertemuan adalah "Unity in Biodiversity", dengan sejumlah topik ilmiah yang akan dipaparkan secara paralel pada sembilan ruang pertemuan, yang diawali beberapa pleno dengan pembicara nasional dan internasional.

Selain itu, pada hari terakhir penyelenggaraan, yakni Kamis (21/8) akan diadakan pula berbagai lokakarya dan pelatihan khusus untuk peningkatan kompetensi.
(Ant)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Otto Soemarwoto, Guru Besar Pro Lingkungan & NKRI

Guru besar emeritus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, ini seorang tokoh yang pro lingkungan hidup dan pro Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Doktor dalam Plant Physiology, Universitas California, Berkeley, AS, kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 19 Februari 1926, ini mengatakan setiap proyek harus bertujuan untuk memperkuat NKRI dan lingkungan hidup.


Prof Dr Otto Soemarwoto yang dikenal rendah hati dan sederhana, itu mengatakan selama ini banyak kegiatan pembangunan yang mengabaikannya. Dia memberi contoh, pembangunan transportasi yang lebih banyak diarahkan pada transportasi darat. Padahal Indonesia adalah negara kelautan. Akibatnya, laut belum menjadi penghubung, melainkan pemisah.

Menurut suami dari Idjah Natadipraja MA dan ayah dari Gatot Soemarwoto, Rini Soemarwoto dan Bambang Soemarwoto, itu pembangunan juga masih bersifat Jawa-sentris sehingga menimbulkan iri hati dan berujung kehendak untuk memisahkan diri. Menurutnya, sekitar 80 persen pembangunan jalan tol ada di…

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…