INCO Dituding Merusak Lingkungan

Makassar, Greenpress- LSM Green Foundation (Yayasan Hijau) Sulsel menilai penambangan dilakukan PT INCO di Sorowako mengabaikan aspek kelestarian lingkungan.
”Kami menilai bahwa selama puluhan tahun PT. Inco telah merusak lingkungan dan tidak berusaha memperbaiki atau mengembalikan lahan yang telah mereka rusaki seperti semula, terbukti lahan yang dieksplorasi sebagian besar hanya ditanami rumput.Belum lagi dampaknya pada polusi udara dan air di daerah itu, "kata Husniaty, Direktur Green Foundation

Selain itu manajemen pengelolaan tambang yang dilakukan PT INCO selama ini kurang melibatkan pemerintah dan masyarakat yang berada di sekitar areal tambang.

Menurutnya, Pihak INCO harus bertanggungjawab dalam pengelolaan lingkungan dengan cara memperbaiki areal tambang yang telah diekpolitasi, sehingga apa yang terjadi pada freeport dan newmont tak terulang pada PT. Inco.”Kami hanya berharap penuh ada balance antara Inco dan alam/lingkungan dan masyarakat di sekitarnya,”ujarnya.

Seraya menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menurunkan tim investigasi ke areal tambang PT INCO. ”Hal ini kami lakukan untuk menindak lanjuti komentar beberapa anggota DPRD Sulsel tersebut,dimana telah mengatakan bahwa PT. Inco selama ini telah mengeksplorasi ribuan lahan tapi hanya menanaminya dengan rumput, sehingga fungsi lahan ataupun hutan yang telah dibabat hilang sama sekali,”jelasnya.

Dalam kunjungan investigasi ke PT.Inco, Green Foundation berencana menurunkan tim investigasi yaitu Husniaty,SE(ketua)Nirwan Anwar,SH ( anggota) dan Sudirman SP ( anggota ). (Andi Ahmad/wan).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: