Langsung ke konten utama

Dishut Lampung Siap Bermitra dengan Pers

Bandarlampung - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung siap bermitra dan menjalin komunikasi secara positif dengan pers untuk menyebarluaskan informasi yang objektif berkaitan pembangunan bidang kehutanan di daerahnya.


Kadishut Lampung, Anwar Effendi, dalam dialog sekaligus buka puasa bersama dengan wartawan dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lingkungan di Bandarlampung, Jumat (19/9), mengakui bahwa selama ini pihaknya masih kurang proaktif dalam menyampaikan informasi berkaitan persoalan kehutanan di Lampung itu.

Akibatnya, menurut dia, banyak permasalahan sektor kehutanan cenderung diberikan secara negatif dan kurang seimbang, serta banyak informasi dan program tidak terkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat.

Ia mengemukakan, sejumlah persoalan dan program prioritas sektor kehutanan secara nasional dan lokal di Lampung memerlukan peran pers untuk dapat dikomunikasikan secara luas kepada publik.

"Kami siap bermitra dan menjalin komunikasi lebih intensif dengan teman-teman wartawan, untuk menyampaikan berbagai perkembangan aktual dan informasi secara lebih objektif yang dibutuhkan masyarakat," kata mantan Kadishut Kabupaten Tanggamus itu.

Dia menyebutkan, sejumlah persoalan serius sektor kehutanan di Lampung, antara lain konflik batas dengan masyarakat sekitar, konflik satwa liar dengan penduduk dekat hutan, perambahan hutan, dan kerusakan areal hutan, dan pengelolaan hutan bersama masyarakat.

Anwar menyatakan, di Lampung diharapkan seluruh masyarakat dapat mendukung program menghijaukan Lampung, dengan memulai program menanam pohon dari sekitar rumah dan lingkungan sekitar, baru kemudian mendukung penghijauan kawasan hutan dan areal konservasi yang gundul menjadi hijau kembali.

Ia mengemukakan pula, tantangan pembangunan sektor kehutanan di Lampung tidak bisa dan tidak akan mampu ditangani instansi sendiri, tapi perlu dukungan masyarakat, LSM, dan pers, s ehingga kemitraan dengan para stakeholders diperlukan untuk menghijaukan kembali hutan dan rusak dan melestarikan lingkungan di Lampung.

Sejumlah pimpinan media massa, jurnalis, aktivis LSM, dan para mahasiswa serta kepala UPTD Dishut Lampung ikut menghadiri dialog dan buka puasa bersama itu sekaligus silaturahmi dan ramah tamah. (ant)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.