Dishut Lampung Siap Bermitra dengan Pers

Bandarlampung - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung siap bermitra dan menjalin komunikasi secara positif dengan pers untuk menyebarluaskan informasi yang objektif berkaitan pembangunan bidang kehutanan di daerahnya.


Kadishut Lampung, Anwar Effendi, dalam dialog sekaligus buka puasa bersama dengan wartawan dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lingkungan di Bandarlampung, Jumat (19/9), mengakui bahwa selama ini pihaknya masih kurang proaktif dalam menyampaikan informasi berkaitan persoalan kehutanan di Lampung itu.

Akibatnya, menurut dia, banyak permasalahan sektor kehutanan cenderung diberikan secara negatif dan kurang seimbang, serta banyak informasi dan program tidak terkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat.

Ia mengemukakan, sejumlah persoalan dan program prioritas sektor kehutanan secara nasional dan lokal di Lampung memerlukan peran pers untuk dapat dikomunikasikan secara luas kepada publik.

"Kami siap bermitra dan menjalin komunikasi lebih intensif dengan teman-teman wartawan, untuk menyampaikan berbagai perkembangan aktual dan informasi secara lebih objektif yang dibutuhkan masyarakat," kata mantan Kadishut Kabupaten Tanggamus itu.

Dia menyebutkan, sejumlah persoalan serius sektor kehutanan di Lampung, antara lain konflik batas dengan masyarakat sekitar, konflik satwa liar dengan penduduk dekat hutan, perambahan hutan, dan kerusakan areal hutan, dan pengelolaan hutan bersama masyarakat.

Anwar menyatakan, di Lampung diharapkan seluruh masyarakat dapat mendukung program menghijaukan Lampung, dengan memulai program menanam pohon dari sekitar rumah dan lingkungan sekitar, baru kemudian mendukung penghijauan kawasan hutan dan areal konservasi yang gundul menjadi hijau kembali.

Ia mengemukakan pula, tantangan pembangunan sektor kehutanan di Lampung tidak bisa dan tidak akan mampu ditangani instansi sendiri, tapi perlu dukungan masyarakat, LSM, dan pers, s ehingga kemitraan dengan para stakeholders diperlukan untuk menghijaukan kembali hutan dan rusak dan melestarikan lingkungan di Lampung.

Sejumlah pimpinan media massa, jurnalis, aktivis LSM, dan para mahasiswa serta kepala UPTD Dishut Lampung ikut menghadiri dialog dan buka puasa bersama itu sekaligus silaturahmi dan ramah tamah. (ant)


Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: