Langsung ke konten utama

KLH Akan Bangun Kanal Lumpur

Jakarta-,Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Institut Teknologi Surabaya merencanakan untuk membangun kanal guna menyalurkan lumpur panas di Sidoarjo, Jawa Timur.

Selama ini, lumpur dialirkan ke sungai Porong dan dikawatirkan dapat mengganggu kapasitas sungai sebagai penahan banjir.

Rasio Ridho Sani, Asisten Deputy Menteri KLH bidang urusan pengelolaan bahan berbahaya dan beracun, mengatakan apabila kondisi sekarang ini tidak bisa ditangani terus menerus, maka salah satu cara yang akan ditempuh adalah membuat saluran ke arah muara.

"Kemudian lumpur akan kita lakukan proses untuk menjadikan daerah tersebut lebih terkendali dan langkah yang kami ambil ini dalam jangka panjang sebenarnya lebih murah," kata Rasio Ridho Sani seperti dikutip BBC.

Hal itu bisa terwujud, tambah Rasio, dengan mengurangi penggunaan peralatan mekanik.

Anggota tim kajian dari ITS, Indrasurya Mochtar, mengatakan secara teknis penggunaan kanal untuk menyalurkan lumpur dilakukan dengan cara mengencerkan lumpur dengan udara yang berfungsi seolah-olah menjadi bantalan sehingga bisa mengalir di pipa tanpa gesekan.(BBC)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.