Langsung ke konten utama

Jadikan Hutan Kajang di Bulukumba Sebagai Hutan Dunia

Rumah adat Ammatoa Masyarakat Kajang di Bulukumba

Bulukumba, Greenpress-Masyarakat adat Kajang meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk mengelola kawasan hutan Kajang sesuai adat masyarakat setempat. Pengelolaan hutan sesuai adat diyakini lebih efektif untuk menjaga kelestarian hutan.

Permintaan masyarakat Kajang ini, ditindaklanjuti Dinas Kehutanan Kabupaten Bulukumba dengan menyelenggarakan diskusi terfokus dengan tema Pengelolaan Hutan Adat Kajang, di gedung PKK Bulukumba, akhir pekan lalu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kehutanan Bulukumba, Misbawati, mengatakan pada dasarnya pemkab menyetujui permintaan tersebut. Karena pada dasarnya pemkab juga meyakini jika hutan di Kajang dikelola secara adat akan jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat dan kelestariannya lebih terjaga.

Hanya saja, katanya, sebelum pengelolaan hutan dikembalikan, harus dibuatkan regulasi dalam bentuk peraturan daerah. Diskusi terfokus ini, akan dijadikan bahan penyusunan naskah akademik untuk pembuatan rancangan perda pengelolaan hutan adat Kajang.

Diskusi terfokus menghadirkan nara sumber. dari Universitas Hasanuddin, Syamsul Ibrahim. Dalam ceramahnya, Syamsul menawarkan kepada masyarakat Kajang untuk menjadikan hutan Kajang sebagai hutan dunia. Jika tawaran ini disetujui, dia siap memfasilitasi dengan pihak Unesco.

Peserta diskusi terfokus antara lain, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kajang, aktifias LSM,Aktivis Lingkungan,Jurnalis Lingkungan dan PNS lingkup Pemkab Bulukumba. Diskusi dibuka Asisten II, Rosali Liong.(Syamsuryadi/Andi Ahmad)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

RoFA, Melihat Indonesia yang Sesungguhnya

Perjalanan tim ROFA. Foto: RoFA.

Tak banyak anak negeri yang rela menghabiskan waktu, pikiran, dan energinya menjejalahi kepulauan Nusantara. Adalah Youk Tanzil bersama anaknya beriniasif melakukan perjalanan panjang menjelajahi Nusantara sebagai bentuk dedikasi dan kepedulian mereka pada Indonesia. Ini merupakan cita-cita besar yang memang telah mereka idamkan sejak lama.