Langsung ke konten utama

Raja Se-Nusantara Akan Tanam Pohon di Gowa


Gowa, Greeenpress- Dukungan terhadap program Sulsel Go Green yang dicanangkan oleh Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin limpo terus mengalir, Pemerintah Kabupaten Gowa juga melakukan program yang sama,dengan melakukan Gerakan Gowa Menanam yang selama ini sudah berjalan setahun, sasaran dijadikan penanaman pohon adalah pinggir Danau Mawang, dari berbagai perusahaan BUMN maupun swasta telah melakukan penanaman pohon ditempat itu.

Program gerakan Gowa menanam yang telah dicanangkan oleh bupati Gowa dengan sejumlah stockholder baik perusahaan swasta, negeri, tokoh masayarakat, LSM, dan Jurnalis yang peduli lingkungan telah mendukung gerakan ini yang sudah lebih satu tahun, dengan diadakannya Festival Kraton Nusantara yang akan dilaksanakan dari tanggal 14 -21 Nopember 2008, Gerakan Gowa Menanam akan mendapat dukungan dari sejumlah Raja-raja yang hadir pada Festival ini, dan kemudian akan menanam pohon masing-masing 9 pohon setiap Raja, kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kab. Gowa, Dr.Ir.Hasan Hasyim,M.Si, kepada Greenpress diruang kerjanya di Sungguminasa, (10/11).

Menurut Hasan, kenapa sampai sejumlah Raja dari berbagai kerajaan di Nusantara ini yang hadir akan menanam pohon sebanyak 9 jenis pohon? Hasyim mengatakan bahwa hal ini diartikan dalam sejumlah sejarah dengan kerajaan Gowa seperti adanya pemangku raja Gowa disebut juga Bate Salapang , sembilan kasiwiang,sehingga setiap kerajaan menanam 9 jenis pohon dan semua jenis pohon ini akan ditanam diareal Balla Lompoa yang juga karena bersamaan dengan hari Jadi Gowa, jelasnya.

“Selain dilaksanakan pada Hari Jadi Gowa , juga bersamaan dengan hari Cinta Puspa, dimana para warga Gowa nantinya akan melihat berbagai jenis keaneka ragaman bunga yang ada dikabupaten Gowa,” ucap Hasan.

Adapun jenis pohon yang akan ditanam menurut Hasan ada 3 jenis pohon yakni : 1. Sesuai dengan simbol kerajaan Gowa yaitu Pohon Lontara, 2. Pohon Nato adalah pohon yang sekarang sudah langka di Gowa dan selalu dipakai tempat persingahan burung Rangkong, 3. Pohon Rappo-rappo Jawa yang bisa dipakai sebagai obat-obatan (herbal).(Syamsuryadi Naba/Andi Ahmad)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.