Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 17, 2008

Pohon Bukan Salah Satu Solusi Perubahan Iklim

Jakarta,Greenpress-Apa yang dulu dipandang sebagai solusi buat masalah emisi gas CO2, yakni kemampuan pohon menyerap karbondioksida hasil aktifitas manusia (CO2 antropogenik), kini mulai diragukan "keampuhannya" karena fenomena pemanasan global tetap saja terjadi.


Sebuah penelitian selama 20 tahun yang menganalisa 30 titik di Kutup Utara mendapati bahwa kemampuan pohon menyerap karbon dioksida (CO2) terus menurun, padahal saat ini berkembang kampanye yang menyebutkan bahwa dengan menanam banyak pohon, maka laju perubahan iklim bisa ditekan.

Gas karbon dioksida yang ditimbulkan oleh aktifitas manusia biasanya diserap oleh pohon dan laut, untuk kemudian dilepaskan pada masa yang akan datang. Tapi ini bukanlah akhir dari siklus karbon.

Seperti dikutip dari laman jejaring warta lingkungan hidup www.enn.com, Senin, pohon melepaskan simpanan CO2-nya saat ia membusuk atau terurai. Hal ini kemudian memunculkan siklus karbon.

Temperatur yang semakin tinggi akibat perubahan iklim tidak ha…

"Blogger" Tewas di Medan Perang

Sekali lagi, jangan anggap enteng blogger! Pekan lalu, seorang blogger mati terhormat di medan tempur Irak. Dia adalah Mayor Andrew Olmsted yang menulis berita terakhirnya, Final Post, untuk Rocky Mountain News (RMN).

Sang Mayor tewas bersama tentara Amerika Serikat lainnya oleh sebuah serangan mematikan para gerilyawan di Sadiyah, Irak. Demikian diungkapkan pihak militer, seperti dikutip kantor berita AP, Kamis pekan lalu.

Uniknya dalam Final Post, Olmsted yang telah mulai menulis untuk RMN sejak 21 Mei 2007 itu bercerita tentang kematiannya. Ia meminta kepada teman-temannya agar memuat tulisan itu di blog miliknya, www.andrewolmsted.com, jika ia mati di medan perang Irak.

Dalam tulisan itu, Olmsted (37) mengingatkan agar tidak berargumen tentang kematiannya atau berargumen menentang perang. "Hidup saya bukanlah catatan untuk digunakan sebagai penggada bagi orang-orang agar diam," Olmsted menulis.

"Saya punya pandangan sendiri mengenai apa yang harus saya lakukan mengenai …