Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 12, 2008

Pecinta Alam Indonesia Abad 21

Oleh Lutfi Pratomo

Seandainya pohon bisa memberontak dan bicara tentunya ia bakal menjerit ketika ditebang, seadainya satwa liar itu bisa bicara tentunya ia bakal menyelamatkan hidupnya, namun kita sebagai manusia punya mulut, hati, telinga, otak malah diam saja melihat, mendengar jeritan-jeritan alam yang rusak ditangan kerakusan spesies manusia seperti kita ini. Apakah kita bangga dengan kekuasaan kita sendiri sementara kita telah melakukan bunuh diri secara perlahan bersama-sama oleh perbuatan kita sendiri.


Sebelum kita membahas pecinta alam dan kegiatannya mari kita pahami betul apa epistemologi dari “Pencinta Alam”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Cinta mempunyai empat makna, yakni, [1] ‘suka sekali’ ; ‘sayang benar’ ; [2] ‘kasih sekali’ ; terpikat’ ; terpikat ; [3] ‘ingin sekali’ ; berharap sekali ; ‘rindu’ ; dan [4] ‘susah hati ; risau’ (1993 -190). Yang artinya pencinta diberi makna ‘orang yang suka akan’ (h191). Selain itu kata alam yang diserap dari bahasa Arab, di …

Pemanasan Global Ancam Penguin Antartika

Washington,Reuters-Penguin yang hidup dari memangsa ikan dan cumi-cumi di ujung utara Kutub Selatan (Antartika) terancam oleh pemanasan global, yang mengurangi pasokan pangan mereka, demikian laporan beberapa peneliti Senin.

Penguin "king", spesies terbesar kedua setelah setelah penguin "emperor", berada pada urutan atas rantai makanan di lingkungan hidup mereka di sub-Antartika, dan hidup dengan memangsa ikan kecil serta cumi-cumi dan bukan dari memangsa sejenis tiram serta hewan laut berkulit keras yang disukai mamalia laut tersebut.

Kondisi itu membuat penguin "king" menjadi petunjuk yang baik mengenai perubahan dalam ekosistem mereka, kata para ilmuwan yang melakukan penelitian yang diterbitkan di dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Para ilmuwan CNRS Institut Pluridisciplinaire Hubert Curien di Strasbourg, Perancis, mempelajari penguin "king" di Possession Island di bagian selatan Samudra Hindia selama sembilan tahun.

Mereka m…

Waktu Seakan Berhenti di Taman Nasional Kayan Mentarang

Nun jauh di pedalaman Kalimantan terdapat hamparan hutan tropis dengan ekosistem dataran tinggi yang masih terjaga. Namanya Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM).

Kawasan seluas 1,32 juta hektare ini, dikenal karena merupakan taman nasional terluas di Asia.

Kondisi alam yang kurang bersahabat karena berbukit-bukit dan berlembah-lembah, serta bertebing curam membuat kawasan itu aman dari tangan perambah hutan. Letaknya juga jauh di pedalaman Kalimantan, sehingga menyulitkan bagi mobilisasi alat-alat berat dari kota.

Sebagian kawasan konservasi itu memang ada yang rusak, khususnya yang dekat dengan Sabah dan Serawak, Malaysia.

Namun secara umum, kawasan yang ditetapkan pertama kali pada tahun 1980 sebagai Cagar Alam oleh Menteri Pertanian Indonesia itu masih bagus ketimbang hutan di Indonesia.

Kawasan itu selain memiliki keanekaragaman hayati luar biasa juga menyimpan potensi wisata yang menggagumkan karena terdapat lokasi peninggalan pra-sejarah serta kehidupan asli warga Dayak yang masih m…

Belajar Jurnalisme lingkungan di Jerman

Buat rekan-rekan ini informasi yang kami peroleh dari posting Mas Harry Surjadi di milis wartawan lingkungan tentang kesempatan baik untuk belajar jurnalisme lingkungan di Jerman,ini sangat berguna dalam memperkuat kapasitas jurnalis dalam peliputan lingkungan. Adapun persyaratan yang diminta yaitu telah empat tahun menjadi juralis, fasih berbahasa Inggris, dan berumur di bawah 36 tahun.



Batas akhir pendaftaran tanggal 5 Mei 2008, mungkin baiknya teman-teman bisa kontak di Kedubes Jerman terkait informasi tersebut.

Programme No 7612500700 - Environmental reporting

The programme is open to journalists who work for print media and who have a special interest in environmental topics.

The course is open to candidates from the following countries:
Bangladesh, China , Ghana , India , Indonesia , Jordan , Mozambique , Nigeria , Tanzania .


Admission requirements:
Applicants have to

· have a minimum of 4 years of professional experience

· be proficient in English (the course and all exercises will be …