Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 27, 2008

UU Informasi dan Transaksi Eletronik Ancaman Serius Bagi Blogger Indonesia

Undang-undang Informasi dan Transaksi Eletronik (ITE) yang telah disahkan DPR pada 25 Maret lalu tinggal menunggu waktu untuk dapat diberlakukan.Menurut Anggaran,Advokat dan Konsultan Hukum yang juga aktif sebagai blogger di anggara.org dalam postingnya mengatakan, UU ITE itu berpontensi mengancam keberlanjutan aktivitas blogger di Indonesia. Berikut ini ulasan Anggaran mengenai keberadaan UU ITE tersebut..

UU ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan hukum yang seringkali dihadapi adalah ketika terkait dengan penyampaian informasi, komunikasi, dan/atau transaksi secara elektronik, khususnya dalam hal pembuktian dan hal yang terkait dengan perbuatan hukum yang dilaksanakan melalui sistem elektronik.

Namun pada saat yang sama pula, UU ITE ini telah menunjukkan watak aslinya yang anti terhadap hak asasi manusia khususnya terhadap kemerdekaan menyatakan pendapat dan kebebasan berekspresi yang justru dijamin dalam UUD 1945.UU ITE ini jelas merupakan ancaman serius bagi bloger Indonesia,…

Mewujudkan Demokrasi Ramah Lingkungan

Makassar,-Greenpress, Gagasan agar para aktivis lingkungan masuk dalam ranah politik kembali mengemuka dalam sebuah diskusi lingkungan di Makassar yang diselenggarakan Pusat Regional Kementerian Lingkungan Regio Sulawesi, Maluku dan Papua yang menghandirkan Eep Saefulloh Fatah sebagi pembicara.

Isu sebenarnya telah Sejak tahun 1980-an, di kalangan politik berkembang kehendak untuk merancang demokrasi yang sensitif lingkungan. Saat itu lahirlah sebuah gagasan yang disebut ecodemocracy atau green democracy. Seiring dengan itu diperkenalkanlah konsep-konsep baru seperti green polity, green policy, green budget, green party, green politician, dan sebagainya. Belakangan, gagasan ini dipercanggih dalam bentuk “biokrasi” (biocracy).

Menurut Eep Saefulloh Fatah, Direktur Sekolah Demokrasi Indonesia (SDI) saat tampil sebagai pemateri pada acara Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pengelolaan Lingkungan Hidup bagi Kalangan Legislatif dan Eksekutif di Daerah, biokrasi adalah model demokrasi yang …

Sanitasi, Tema Hari Air Dunia 2008

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret. Peringatan ini merupakan wahana memperbarui tekad kita untuk melaksanakan Agenda 21 yang dicetuskan pada tahun 1992 dalam United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, atau secara populer disebut sebagai Earth Summit.

Hari Air Dunia mulai diperingati sejak tahun 1993 oleh negara-negara anggota PBB. Setiap tahunnya, pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus agar menjadi perhatian bagi warga dunia tentang betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Pada tahun 2008 ini, dijadikan Tahun Sanitasi Internasional, sesuai dengan tema World Water Day yaitu sanitasi.

Sanitasi yang baik menjadi sangat penting karena dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit khususnya diare. Kematian akibat diare sebanyak 1,8 juta jiwa setiap tahunnya. Penyebab utamanya adalah sanitasi yang buruk dan rendahnya kualitas kesehatan.

Pada tingkat dunia, seperti yang dilaporkan dalam Water Supply & Sa…

Bongkahan Besar Es di Antartika Longsor

Ketgam : Foto satelit yang dirilis oleh National Snow and Ice Data Center di University of Colorado di Boulder ini memperlihatkan bongkahan pada beting es Wilkins tanggal 6 Maret 2008 di Semenanjung Antartika barat daya yang mulai terlepas. Beting es berukuran tujuh kali wilayah Manhattan itu mulai lepas dan ambruk pada 28 Februari lalu.

Washington, Pemanasan global kian menjadi-jadi,Bongkahan es di Antartika yang besarnya setara dengan tujuh kali luas Manhattan tiba-tiba longsor. Kejadian ini membuat sisa es yang lebih besar akan berisiko longsor pula. Demikian disampaikan para ilmuwan di Washington, Amerika Serikat,(26/3) kemarin.


Citra dari satelit menunjukkan bongkahan yang terlepas berukuran 160 mil persegi atau 414,4 kilometer persegi dan sudah mulai runtuh pada 28 Februari lalu. Bongkahan itu merupakan tepian dari beting es Wilkins yang telah ada di sana sejak ribuan tahun, mungkin 1.500 tahun yang lalu. Beting es Wilkins merupakan hamparan es yang secara permanen terapung. Jara…

FSPBI Demo di Kantor PT Inco Makassar

Makassar.Greenpress. Dewan Pimpinan Nasional Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia (DPN-FSPBI),Senin (17/3), melakukan aksi unjuk rasa dengan mendatangi kantor perwakilan perusahaan tambang nikel tersebut, yang terletak di Jalan Penghibur, Pantai Losari, Makassar.

Mereka melakukan orasi dan menuntut agar pihak perusahaan tidak semena-mena terhadap pekerjanya. DPN FSPBI juga mengimbau kepada PT Inco untuk eksploitasi alam.

Korlap FSPBI, Syamri Syamsul menganggap, para pekerja PT. Inco. Tbk tak ubahnya budak yang dipaksakan , dengan mengeruk dan menguras sumber daya alam dan manusia yang ada. Sehingga para pekerja diperusahaan ini mudah terdepak tanpa ada pertimbangan. Seperti halnya yang dirasakan Jufri Tosalili yang diperlakukan tidak adil dari pihak perusahaan.

“Pekerja ini sudah bekerja selama lima tahun di perusahaan tersebut. Dengan keringat, bahkan air mata telah membesarkan perusahaan namun harus rela diperlakukan tragis, dengan klaim perusahaan yang merugi,” ucap Syamri…