Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 9, 2008

Green Foundation : Pemkab Diharapkan Mengadopsi Program Pertanian Organik di Sulsel

Makassar, Greenpress. Pada era globalisasi saat ini dibutuhkan hasil-hasil produk pertanian yang memiliki daya saing tinggi artinya produk yang bisa diterima oleh lingkungan dan tubuh kita. Pertanian organik adalah produk yang dibutuhkan saat ini menuju pasar global dengan daya saingnya.

Pertemuan bersama untuk dapat membahas tentang pertanian organik, manfaat, cara mendapatkan dan pemasarannya. Atas dasar itulah, The Green Foundation (Yayasan Hijau) dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan & Hortikultura Propinsi Sulawesi Selatan.

Dalam memanfaatkan moment ini untuk dapat mensosialisasikannya bagi masyarakat Sulsel pada umumnya dan petani pada khususnya, demikian dijelaskan Direktur Eksekutif Green Foundation Sulsel, Husniaty. kepada Greenpress Network usai pembukaan Workshop “Pertanian Organik Menuju Produk yang Berdaya Saing Tinggi,” dihotel Metro Makassar (9/4). Pada Workshop ini dihadiri oleh Wakil Bapedda Sulsel, Rusli dan beberapa peserta dari unsur Lembaga Swadaya Masyarakat…

Danau di Makassar Jadi Kawasan Hutan Kota

Makassar, Greenpress. Danau Balangtonjong di Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala, Makassar, telah ditetapkan sebagai kawsan hutan kota. Selain berfungsi sebagai paru-paru Kota Makassar, kawasan hutan kota ini juga direncanakan menjadi tempat wisata.

Kepala Sub Bidang Pemukiman dan Tata Ruang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Makassar, Muh Masri Tiro, mengatakan hutan kota ini dibuat berdasarkan kerjasama Dinas Tata Ruang Pemukiman Sulawesi Selatan dengan pemerintah Kota Makassar.

“ Luas hutan kota itu 20 hektar yang meliputi seluruh daratan dipinggir Danau Balangtonjong, penanaman pohon sudah dilakukan, Lima sampai 10 tahun lagi kawasan itu akan menjadi rimbun oleh pepohonan, “ katanya dibalaikota Makassar belum lama ini.

Danau Balangtonjong dipilih untuk memperkuat fungsinya sebagai daerah resapan. Lagi pula, lahan untuk paru-paru kota ini hanya tersedia di Antang.

Pemerintah Kota Makassar memberikan kontribusi tujuh hektare dari total luas lahan. Selebihnya merupaka…