Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 11, 2008

Selamatkan Hutan di Luwu, Walhi Sulsel Tolak Tambang Emas

Palopo- Greenpress. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Selatan menyatakan telah terjadi pelanggaran peraturan perundang-undangan terkait terkait kegiatan eksplorasi yang dilakukan PT Seven Energy Group di daerah Siguntu, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo.
Hal itu didasarkan karena analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) rencana tambang di Siguntu belum ada. Sementara perusahaan asal Korea tersebut telah melakukan eksplorasi yang telah mengarah ke kegiatan eksploitasi.

"Itu (eksplorasi) tidak boleh dilakukan jika belum ada amdal," Kata Direktur Walhi Sulsel, Muhammad Taufik Kasaming.

Menanggapi rencana tambang emas di Siguntu oleh PT Frantika bekerja sama dengan PT Seven Energy Group, Taufik menyatakan lokasi tambang di Siguntu sangat tidak relevan untuk dikelola saat ini dan pemerintah segera mencabut izin eksplorasi yang dikantongi Seven Energy.

Selain itu, letak geografis dan topografi lokasi tambang yang merupakan wilayah labil atau rawan longsor dengan kemiringa…

TANTANGAN PERS DALAM MERESPON ISU LINGKUNGAN HIDUP

BENCANA lingkungan kian mengancam kehidupan, tapi mengapa media masih kurang tertarik pada isu-isu lingkungan hidup? Pertanyaan seperti inilah yang selalu muncul pada setiap kesempatan orang memperbincangkan kontribusi pers bagi pelestarian lingkungan.

Gugatan terhadap peran media karena tidak menggali masalah lingkungan secara mendalam, memang sulit dielakkan. Dalam pemberitaan soal lingkungan hidup, media cenderung lebih menyoroti akibat dari kerusakan lingkungan seperti, banjir, air pasang, abrasi pantai, tanah longsor dan sebagainya.

Sementara akar penyebab degradasi lingkungan kurang mendapat perhatian. Bahkan, kalaupun hal itu diulas, pers cenderung mengedepankan faktor alam, seperti perubahan iklim, cuaca buruk, kondisi geografi dan sebagainya. Sementara faktor manusia hanya disingung sepintas lalu.

Perhatikan saja, materi berita dimedia cetak maupun elektronik, problem fundamental penyebab degradasi ekologis sangat langka dijadikan prioritas agenda pemberitaan. Bahkan dalam hal …