Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 18, 2008

Membayangkan PNLH Walhi Tanpa Asap Rokok

Ada sebuah artikel yang cukup kritis yang diposting di situs pnlh.walhi.or.id yang menyoroti prilaku para aktivis lingkungan yang saat ini tengah mengadakan PNLH) X (WALHI) yang bertempat di Pasar Seni Gabusan, Bantul Jogjakarta, forum itu tak hanya diwarnai teriakan dan semangat anti-neoliberal, namun juga asap rokok yang selalu mengepul di setiap sudut ruangan. Berikut ulasanya.


Rasanya sulit untuk menemukan forum-forum diskusi di ajang Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) X Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) tanpa ada asap rokok yang mengebul.

Pertanyaannya kemudian adalah tidakah para aktivis lingkungan dari 25 propinsi ini yang pernah membaca, mendengar dan melihat berita tentang bahaya rokok bagi kesehatan? Mungkin artikel yangberjudul “Racun dalam Sebatang Rokok” oleh Dr.Ir.M. Romli, M.Sc (http://fahmicmdw.blogspot.com/2008/01/racun-dalam-sebatang-rokok.html) dapat menjadi bahan bacaan.

Bahkan beberapa artikel sudah mengemukakan bahwa bahaya rokok bukan hanya akan…

Danau Es Greenland Lenyap Dalam Drama Pemanasan Global

Washington- Pencairan permukaan yang dipicu pemanasan iklim dapat memicu peristiwa dramatis pada lapisan es luas Greenland, seperti sebuah danau yang airnya tiba-tiba menghilang melalui celah, dengan kekuatan seperti Air Terjun Niagara, beberapa ahli menyatakan Kamis.

Peningkatan temperatur global diperkirakan akan mengakibatkan peningkatan pencairan di daerah beku yang luas, seperti lapisan es Greenland, dan pencairan itu sering kali membentuk danau berukuran besar.

Para ilmuwan telah mengkhawatirkan bahwa ketika pencairan es tersebut mencapai dasar lapisan es Greenland, kondisi itu dapat memberi lebih banyak pelumas bagi lerengnya dan membuat bongkahan besar terlepas serta hanyut ke laut, sehingga menimbulkan penciutan jauh lebih cepat daripada perkiraan.

Namun para peneliti di Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts dan University of Washington mendapati bahwa meskipun pencairan permukaan itu memang memberi pelumas pada dasar lapisan es, proses itu sendiri tampaknya tak …

Fadjroel Rahman : Politisi Tua Harus Dikalahkan

PNLH X Walhi, Jogjakarta. Orang-orang muda yang berkumpul dalam konferensi kaum muda di acara PNLH X Walhi (18/4) sedang menumpahkan keresahannya dengan berbagai produk kebijakan yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat dan ekologi. Fadjroel Rahman, salah satu pembicara dalam acara tersebut mendorong kaum muda untuk merebut negara.

"Para politisi tua seperti Megawati Soekarnoputri dan Sri Sultan Hamengkubuono X harus dikalahkan oleh orang-orang muda dalam pemilihan presiden tahun 2009 mendatang," ujar Fadjroel Rahman. Menurut Fadjroel, saat ini sedang tumbuh generasi muda yang memiliki keinginan keras untuk merebut negara. "Daripada hanya berteriak-teriak atau bernegosiasi dengan negara, mengapa kita tidak rebut saja negara itu sendiri. Setelah itu, kebijakan-kebijakan negara kita sesuaikan dengan idealisme kita yang pro-rakyat," tegasnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kaum muda menjadi gamang untuk merebut kepemimpinan politik. "Di saat Orde Baru kesempa…

Pemuda Tak Percaya Diri Dalam Kepemimpinan Nasional

Yogyakarta, Greenpress- Meski era reformasi telah berumur sepuluh tahun, namun hingga kini kepemimpinan nasional masih didominasi kalangan tua yang sangat dekat orde baru, sementara kaum muda masih sedikit yang berkiprah dalam kepimpinan politik.

Hal tersebut tidak terlepas adanya sistem, budaya dan watak kolonial yang terus melekat dan dilestarikan di segala aspek negeri ini, sehingga membuat kaum muda Indonesia tidak mempunyai rasa kepercayaan diri yang kuat untuk mengambil peran lebih besar dalam kepemimpinan politik dan negara.

Demikian terungkap dalam Konfrensi Nasional Kaum Muda Indonesia dan Kepemimpinan Nasional yang mengambil tema “Majukan Gerakan Sosial, Jawab Krisis Bangsa dengan Kepemimpinan Politik.(17/4).

Acara tersebut bertempat di Pasar Seni Gabusan Bantul, Yogyakarta itu merupakan salah satu dari rangkaian workshop dan diskusi paralel yang digelar dalam Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) X Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), . Hadir sebagai narasumber d…

Gajah Jawa Dianggap Punah Ditemukan Kembali di Kalimatan

Ketgam :
Gajah Borneo, foto : Christy WILLIAMS (WWF-Canon)

Informasi menggemberikan bagi dunia konservasi gajah kali ini berasal dari Pulau Kalimatan, gajah Jawa yang selama ini sudah dinyatakan telah punah kembali ditemukan di Kalimatan (Borneo) oleh seorang peniliti asing yang bekerja di WWF.


Gajah Borneo berukuran kecil, atau yang sering disebut gajah pygmy, diperkirakan bukanlah gajah asli dari Borneo. Sebuah publikasi terbaru yang dilansir WWF melaporkan, bahwa populasi gajah tersebut kemungkinan merupakan ras gajah Jawa terakhir yang secara tidak sengaja berhasil diselamatkan dari kepunahan oleh Sultan Sulu beberapa abad yang lalu.

Asal-usul gajah pygmy, yang populasinya tersebar dari ujung timur laut hingga ke jantung pulau Borneo tersebut, sejak lama menjadi misteri. Tampilan dan perilaku gajah ini berbeda dengan gajah Asia lainnya dan para ilmuwan mempertanyakan mengapa mereka tidak tersebar ke bagian lain dari pulau Borneo.

Namun laporan yang baru dipublikasikan WWF (18/…

ACARA GREEN FESTIVAL 2008

Jalan Masuk

Acara Green Festival 2008 sendiri akan mengambil tempat di Parkir Timur Senayan. Dari layout gambar yang dirilis panitia, pintu masuk Greenfest berada di sisi utara Parkir Timur Senayan, sedangkan panggung utama berada di ujung selatannya (membelakangi jalan raya Sudirman).


Untuk mempermudah akses masuk ke Green Festival, Anda disarankan masuk ke komplek Senayan melalui Century Atlit (Jl Pintu 1) atau TVRI (Jl Gerbang Pemuda) untuk selanjutnya langsung menuju Parkir Timur Senayan.

Pentas Musik
- T ai ko Jepang (alat tabuh): Jumat 16.10
- Choir Kid Purwacaraka: Jumat 16.25
- Capoeira: Jumat 19.05
- Nugie: Jumat 20.10
- Letto: Jumat 20.45
- SD Citra Indonesia : Sabtu 10.30
- Dwiki & The Next Gen: Sabtu 13.25
- SD & SMA Harapan Bangsa: Sabtu 14.25
- Nabila & Smart: Sabtu 15.45
- Ulli Sigar Rusady & Super Bintang: Sabtu 19.05
- Maliq & d'Essentials: Sabtu 19.25
- Marcell: Sabtu 20.15
- Ta ta loe: Minggu 10.30 & 17.00
- Bina Vokalia: Minggu 1…