Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 25, 2008

Tahun 2007, Polres Mamuju Amankan 8000 Kayu Illegal

Mamuju, Greenpress - Kurun waktu setahun, selama 2007, Kepolisian Resor (polres) Mamuju, menyita dan mengamankan kurang lebih 8.000 pieces (potong) kayu hasil penebangan liar atau illegal logging.

Hal ini diungkapkan Kapolres Mamuju AKBP Zarialdi, saat menggelar jumpa pers di ruang kerjanya di Mapolres Mamuju belum lama ini.

"Selama 2007, total laporan polisi adalah 23 laporan. barang bukti terdiri dari kayu hitam eboni sebanyak 3.629 pieces, kayu meranti Jumlah total karimba campuran 4.008 pieces, kayu ulin 352 pieces dan 23 kubik," ungkap Zarialdi.
Total kerugian negara adalah lebih dari Rp 1,6 miliar. Perkasa yang sudah diajukan ke kejaksaan adalah enam kasus.
Sedangkan yang masih dalam proses selidik dan sidik adalah 17 kasus. Juga terdapat 11 kasus kayu temuan.
Temuan kasus illegal logging ini terbanyak pada Kecamatan Sampaga, Kalukku, dan Kalumpang. Zarialdi menambahkan, pihak kepolisian juga menemukan jalur keluar masuknya kayu yakni di Belang-belang, Topoyo, Lombang-l…

Pemkot Makassar Larang Warga Tebang Pohon

Makassar, Greenpress- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berupaya menaikkan jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Makassar. Sejalan dengan itu,Pemerintah Kota telah melarang warga menebang pohon tanpa izin sesuai perda Perda No 25 tahun 1997.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (PLH) dan Keindahan Makassar, Burhanuddin, dalam Seminar Perkotaan bertajuk Ruang Terbuka Hijau Perkotaan di Tengah Isu Global Warming di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Kamis (24/4), seperti dikutip Tribun.

Kegiatan ini digelar oleh mahasiswa jurusan arsitektur Unhas dan mengundang aktivis lingkungan sekaligus mantan Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Erna Witoelar. BM Bank Panin Makassar, A Tenry "Onny" Gappa turut hadir sebagai pembicara.

Menurut Burhanuddin, mengatakan, saat ini, Makassar memiliki taman kota di tiga lokasi. Taman lainnya seperti taman lingkungan, ada di 31 lokasi, serta jalur hijau di 40 lokasi. Sedangkan hutan kota masih terdapat di kan…