Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 4, 2008

Nuklir Masuk Kurikulum SMA

Jakarta,- Teknologi nuklir kini akan diaplikasikan di berbagai sektor. Namun, hal ini belum banyak diketahui masyarakat. Untuk menyosialisasikan nuklir kepada generasi muda, Badan Tenaga Nuklir Nasional bersama Departemen Pendidikan Nasional menyusun kurikulum bermuatan pengetahuan nuklir.

"Dengan adanya penguasaan pengetahuan tentang nuklir oleh generasi muda sejak dini, di kemudian hari mereka akan dapat arif dan bijaksana dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi itu," ujar Taswanda Taryo, Deputi Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir Batan, di Jakarta, Jumat (2/5).

Dalam penyusunan kurikulum tersebut, ujar Eko Madi, Kepala Subbidang Diseminasi Iptek Nuklir Energi, akan dibentuk tim yang terdiri atas para pakar dari Batan dan Depdiknas. Tim ini akan membahas materi akademis, kurikulum, dan pengambilan keputusan.

Menurut Eko yang juga penanggung jawab program penyusunan kurikulum, materi tentang nuklir masuk pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. Nantin…

Menhut: Alih Fungsi Hutan di Bintan dan Musi Banyuasin Sah

Ponorogo,-Menteri Kehutanan (Menhut), M.S Kaban, menegaskan proses alih fungsi lahan hutan yang terjadi di Bintan, Kepulauan Riau dan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan sah sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Proses pengalihfungsian hutan yang terjadi di dua tempat tersebut telah sesuai dengan UU nomor 41 tahun 1999," katanya di sela pencanangan penanaman pohon (Gontor go Green) di Kampus Intitut Study Islam Darussalam (ISID) Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Jumat lalu.

Menurut dia, Departemen Kehutanan yang bertanggung jawab mengatur masalah kehutanan dan mengatur hubungan-hubungan hukum pemanfaatan lahan hutan. Semua proses perizinan untuk alih fungsi hutan di Bintan dan Banyuasin telah sesuai dengan UU 41/1999 tersebut.

"Kami bertanggung jawab untuk memberikan perizinan itu. Proses perizinan sudah prosedural sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum dan itu dikeluarkan oleh Departemen Kehutanan, semua proses telah terpenuhi dan tahapan-tahapannya masih panja…