Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 19, 2008

WCS Rilis 12 Spesies Paling Terancam Punah

JAKARTA, Organisasi lingkungan Wildlife Coservation Society (WCS) merilis 12 spesies paling terancam punah saat ini dalam daftar "Rarest of the Rare." dari berbagai jenis mamalia, ikan, reptil, amfibi, dan serangga.

"Rarest of the Rare adalah potret sejumlah kecil spesies yang paling terancam punah untuk menggambarkan perjuangan mereka dan menginspirasi publik untuk berjuang mempertahankannya," ujar Kent Redford, direktur WCS Institute seperti dikutip Kompas.

Pada tahun 2007, WCU/IUCN (World Corservation Union /International Union for Conservation of Nature) melaporkan bahwa jumlah hewan yang terancam punah di seluruh dunia mengalami kenaikan. Saat ini, dalam daftar merah WCS/IUCN terdaftar 16.306 hewan terancam punah atau naik 188 spesies daripada tahun 2006.

Ancaman yang dihadapi setiap jenis spesies berbeda-beda. Spesies endemik biasnya menghadapi persaingan sengit dengan spesies pendatang yang berkembang pesat. Sebab lainnya, kerusakan lingkungan yang menyebabkan…

Ujung Kulon Dihuni Seribu Burung Langka

PANDEGLNG, - Populasi burung langka di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mencapai seribu ekor dari 17 spesies. Kelestarian mereka membutuhkan pengamanan meski pelaku pemburuan ditangkap pada beberapa hari lalu.

"Saat ini kami mengintensifkan pengamanan karena khawatir burung yang dilindungi itu terancam punah," kata Humas Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, Banten, Enjat Sudrajat, Sabtu (17/5) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, hingga saat ini pemburuan burung langka masih berlanjut dan dilakukan dengan cara menjebak atau memberikan getah di atas pohon.

"Saya setiap hari terus melakukan pengawasan di titik-titik rawan pemburuan seperti di blok perbatasan dengan pemukiman warga," katanya.

Hasil pemburuan dijual ke Jakarta. Burung Merak dijual dengan harga antara Rp1,5 sampai Rp3 juta, burung Rangkong bisa mencapai Rp3 juta.

"Kelebihan burung itu selain memiliki warna-warni bulu juga bunyi kicauannya sangat merdu," kata Enjang.

Pen…

Udara Kota Pontianak Berbahaya

ISPU Capai 946 PPm

Pontianak,- Dalam sepekan ini, Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya (KKR) dikepung asap yang semakin tebal. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dalam kategori hitam atau berbahaya, mencapai 946 Part Permillion (PPm) pada Sabtu (17/5) pukul 01.00 dini hari.
“Melihat kondisi asap dini hari seperti ini, hendaknya masyarakat tidak menghirup udara tersebut. Karena akan mengganggu kesehatan,” ingat Ir Tri Budiarto, Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kalbar kepada Equator, Sabtu (17/5) kemarin sore.

Tri mengatakan, hingga pukul 06.30 kemarin, kondisi udara di Kota Pontianak agak berkurang, tetapi masih masuk kategori sangat tidak sehat atau kategori warna merah dengan nilai ISPU 263 PPm. “Kalau tidak terjadi hujan, kondisi udara seperti bisa terus berlanjut,” katanya.

Pencemaran akibat partikulat atau padatan di udara dalam bentuk asap, debu atau uap yang dapat tinggal di atmosfer dalam waktu lama ini, sangat membahayakan pernafasan manusia. “…

Green Press Akan Ciptakan Hutan Kota di Gowa

Gowa,Greenpress - Rencana Green Press Sulawesi Selatan untuk melakukan kegiatan menciptakan hutan kota yang di laksanakan di Kabupaten Gowa mendapat sambutan yang positif dari KLH Gowa dan Dinas Kehutanan Gowa. Kegiatan tersebut di maksudkan untuk mengantisipasi laju pembangunan perluasan kota dan populasi penduduk yang berpotensi mengurangi daerah resapan dan wilayah hijau di perkotaan.

Ekses dari pembangunan perkotaan yang berupa bertambahnya daerah pemukiman serta tempat usaha berupa ruko akan membawa dampak lingkungan yang sangat besar seperti yang lazim terjadi di kota-kota lainnya.Bahaya banjir yang di akibatkan oleh kurang berfungsinya saluran-saluran pembuangan dalam kota serta tertutupnya daerah resapan yang di akibatkan sistem ubinisasi akan menjadi musibah tahunan yang akan di hadapi di saat musim penghujan.

Menurut Kepala Kantor KLH Gowa Dr.Ir.Hasan Hasyim,M.Si,bahwa apabila pemerintah daerah tidak segera memikirkan areal untuk hutan kota yang di padu menjadi hutan pendidika…