Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 31, 2008

Gajah Mengganas di Aceh Selatan

Tapaktuan - Dalam dua hari terakhir keberadaan sekawanan gajah liar yang diperkirakan mencapai 12 ekor semakin mengganas, selain merusak puluhan hektare tanaman perkebunan dan pertanian, kawanan gajah itu juga telah menghancurkan satu unit gubuk milik Hajat (65).

Pada Rabu (28/5) malam sekawanan gajah liar itu telah memporak-porandakan gubuk milik pak Hajat, saat ini warga sudah tidak berani lagi ke ladang, kata Kepala Desa Naca Kecamatan Trumon Timur, Ramli di Tapaktuan, Jumat.

Konflik satwa terutama gajah dengan warga yang telah berlangsung sejak sebulan terakhir hingga kini belum mendapat perhatian dari Pemerintah atau instansi terkait untuk menjinak atau menggiring kawanan gajah-gajah itu kembali ke habitatnya.

Menurut Ramli, pihaknya sudah berulang kali melaporkan permasalahan yang meresahkan warga tersebut kepada pemerintah kabupaten melalui Camat setempat, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dilakukan penangan.

"Sudah ratusan kali saya melaporkan kasus mengamuknya…

Konferensi PBB Diakhiri Langkah Baru Perlindungan Hayati

Berlin - Konferensi besar PBB mengenai keragaman hayati di Bonn, Jumat, dengan langkah baru untuk melindungi beragam spesies di Bumi.

Di antara hasil pertemuan dua-pekan tersebut ialah gagasan yang diumumkan oleh beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Republik Demokratik Kongo, Bosni dan Brazil untuk menyediakan puluh juta hektare bagi pelerstarian alam.

Negara tuan rumah Jerman telah meluncurkan satu gagasan untuk membuat "Life Web", yang berlandaskan Internet, untuk menghubungkan semua negara yang menawarkan daerah terlindung dengan negara yang siap mendanai semua itu.

Meskipun konferensi itu gagal menetapkan peraturan untuk memberi ganti rugi kepada negara berkembang untuk sumber daya genetika yang diambil oleh negara kaya untuk digunakan membuat obat dan kosmetik, pertemuan tersebut telah menghasilkan satu rencana bagi perundingan kesepakatan yang diperkirakan akan dicapai pada konferensi selanjutnya keragaman hayati PBB di kota Nagoya, Jepang, pada 2010.

Semua peserta…